Logo
Print this page

Kapolres Karo : Penolakan Pemakaman Protokol Covid-19 Ditindak Tegas

Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo

 

Kabanjahe-andalas Ketegasan jajaran Polisi Resort Tanah Karo dalam menyikapi penolakan pemakaman terhadap terduga korban Covid-19 pasti dilakukan. Untuk itu diingatkan, tidak melakukan penolakan lagi apalagi melawan hukum terkait dilakukannya pemakaman terhadap korban COVID-19.

Hal itu diungkapkan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH, Sik, saat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo gelar rapat evaluasi penanganan Covid-19, Kamis (28/5) pukul 16.00 wib di lantai 3 kantor bupati, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe.

Turut hadir, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, Kasidatun Kejari Karo M Taufik Yanuarsyah, Asisten Administrasi Pemerintahan Mulianta Tarigan, Plh Ketua Gugus Covid-19 Ir. Martin Sitepu dan sejumlah OPD dan para Camat se jajaran Pemkab Karo.

Kapolres mengingatkan masyarakat, jangan sampai terjadi lagi penolakan pemakaman jenazah pasien terinfeksi virus korona (Covid-19). Jika ada pihak yang menolak, maka Polres Tanah Karo akan mengusutnya dan melakukan tindakan tegas, katanya.

Sebab menurutnya, Polres Tanah Karo dan Kodim 0205/TK tidak segan-segan mengambil tindakan tegas. Ia berharap, masyarakat Karo dapat menerima ikhlas setiap korban yang meninggal akibat wabah virus korona. “Kalau ada berupaya melakukan penolakan kami proses. Nanti kami tindak tegas dengan sejumlah pasal. Sekali lagi, jangan sampai terulang lagi,” ingatnya.

Konsekuensinya bagi pelaku, banyak pasal dalam KUHP dapat digunakan untuk menjeratnya, pasal 178, pasal 211, pasal 212, dan pasal 214 KUHP. Disamping itu lebih spesifik lagi ada undang undang khusus, yaitu UU Karantina nomor 6 tahun 2018, UU wabah penyakit menular nomor 4 tahun 1984, bebernya.

Semua itu, kembali kepada aturan yang ada, nah Polri akan bekerja sesuai SOP, untuk itu Surat Keputusan Bupati Karo sudah ada, kami akan menjalankan amanah undang undang. Namun demikian, AKBP Yustinus Setyo mengharapkan peran serta masyarakat agar tidak bertindak diluar kewajaran dan norma hukum, mari kita taat azas, taat hukum, taat aturan.

Ditambahkan Kapolres, setiap proses pemakaman jenazah pasien terinfeksi Covid-19 dilakukan secara ketat dan akan dikawal jajaran Polres Tanah Karo dan Kodim 0205/TK.

Meskipun bisa dijerat hukum, tentu pihaknya mengedepankan upaya yang humanis. "Namun, jika ada warga yang masih ngotot untuk menolak pemakaman meski sudah diimbau, tentu dilakukan langkah penegakan hukum,"tegas Kapolres. (RTA)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com