Log in

Kampanye Terbuka Dimulai

Capres nomor urut 01 Joko Widodo mengawali kampanye akbar di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, sementara capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar acara di Manado, Sulawesi Utara. Capres nomor urut 01 Joko Widodo mengawali kampanye akbar di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, sementara capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar acara di Manado, Sulawesi Utara.

Medan-andalas Terhitung sejak Minggu (24/3), kampanye terbuka para peserta Pemilu 2019 telah dimulai baik untuk peserta pemilihan legislatif (DPR RI, DPRD, DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI) maupun pemilihan presiden-wakil presiden. Kampanye terbuka akan berlangsung hingga 13 April atau empat hari sebelum hari H pencoblosan.

Sesuai ketentuan PKPU No 23/2018 tentang kampanye, kampanye terbuka dilakukan melalui berbagai bentuk. Seperti rapat umum di lapangan luas dan iklan di bermacam media (cetak, elektronik serta online).

Oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah ditetapkan, dalam kampanye rapat umum, Provinsi Sumut dimasukkan ke dalam Zona A, di mana setiap calon presiden (nomor urut 01 dan 02) beserta partai pendukungnya akan bergantian melakukan kampanye setiap dua hari.

Kampaye terbuka Pilpres di Sumut akan diawali oleh pasangan capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi pada 24 dan 25 Maret 2019. Dua hari berikutnya giliran pasangan capres-cawapres 01 Jokowi-Ma'ruf.

Di televisi dan radio, KPU Sumut bersama liaison officer caleg DPD telah menyepakati pemasangan iklan dilakukan di TVRI, Metro TV, dan TV One untuk media televisi.

Untuk radio di Radio Sonora, Elshinta, dan RRI. Baik di televisi maupun radio penayangan iklan yang materinya dipersiapkan masing-masing caleg dimulai pada 26 Maret.

"Kita mengutamakan aspek keadilan bagi setiap calon, di mana iklan akan ditayangkan satu kali untuk masing-masing stasiun televisi dan radio dalam 3 slot. Untuk televisi mulai jam 18.00-20.00 WIB, untuk radio pukul 15.00-17.00 WIB," tegas Komisioner KPU Sumut Divisi Partisipasi Pemilih, Syafrial Syah kepada media, Sabtu (23/3).

Sementara untuk media cetak iklan kampanye ditayangkan hanya di tiga media surat kabar harian yakni Waspada, Tribun Medan, dan SIB. Setiap hari secara bergantian di ketiga media tersebut ditampilkan iklan kampanye 19 calon anggota DPD dalam satu halaman penuh.

Di media online, iklan kampanye ditayangkan di lima media, yakni: www.medanbisnisdaily.com, www.rakyatmerdeksonline.com, www.sentralberita.com, www.antara.go.id serta www.mahardika.com.

Sementara itu KPU Sumut telah mengeluarkan keputusan nomor 39/PL.01.5-Kpt/12/Prov/III/2019 tentang penetapan jadwal dan tempat pelaksanaan kampanye rapat umum (kampanye dengan jumlah massa yang banyak/tidak terbatas) bagi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tingkat Provinsi Sumut pada Pemilu 2019.

Dengan keluarnya keputusan tersebut, maka tempat dan tanggal menjadi acuan bagi setiap Calon Presiden dan Wakil Presiden RI, DPD RI, DPR RI, DPRD Sumut maupun DPRD Kabupaten/Kota yang akan melakukan kampanye rapat umum di Provinsi Sumut.

Untuk jadwal kampanye rapat umum pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI (Capres dan Cawapres) serta partai politik (parpol) dalam Pemilu tahun 2019 tingkat Provinsi Sumut dimulai pada Minggu 24 Maret 2019 sampai dengan 13 April 2019.

Jadwal yang tertera pada 24 dan 25 Maret dimulai dengan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang didukung Partai Gerindra, Berkarya, PKS, PAN, Garuda, dan Demokrat.

Lalu pada tanggal 26 dan 27 Maret giliran capres dan cawapres nomor urut 1, Ir Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang melakukan kampanye rapat umum dan didukung oleh partai pengusung yaitu PKB, PDIP, Golkar, NasDem, Perindo, PPP, PSI, Hanura, PBB, dan PKPI.

Tanggal 28 dan 29 Maret dilanjutkan oleh capres dan cawapres nomor urut 02, tanggal 30 dan 31 Maret diteruskan oleh capres dan cawapres nomor urut 1. Begitu seterusnya sampai dengan tanggal 12 dan 13 April 2019 ditutup oleh pasangan capres dan cawapres nomor urut 01.

Kampanye rapat umum Capres dan Cawapres RI dibagi dalam dua zona, yaitu Zona A Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Binjai Langkat, Tebing Tinggi Pematang Siantar, Simalungun, Asahan, Tanjung Balai, Batu Bara, Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Dairi, Pakpak Bharat, Karo.

Zona B Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Padangsidempuan, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Gunung Sitoli, Tapanuli Tengah, Sibolga, Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

Sesuai ketentuan, kampanye rapat umum sudah ada lokasi dan jadwal digelarnya bagi paslon capres dan cawapres nomor urut 01 dan 02. KPU Sumut menempatkan pengumuman lokasi kampanye rapat umum di beberapa lapangan yang ada di Sumut.

Di Kota Medan yaitu di Lapangan Pertiwi Jalan Budi Pembangunan, Kecamatan Medan Barat, lalu Lapangan Air Bersih di Kecamatan Medan Kota, Lapangan Gajah Mada di Kecamatan Medan Timur, Lapangan Helvetia di Kecamatan Medan Helvetia, dan Lapangan Tanah Enam Ratus di Kecamatan Medan Marelan.

Di Kabupaten Deli Serdang titiknya yaitu Lapangan Reformasi Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan, Lapangan Cinta Rakyat di Kecamatan Percut Sei Tuan;  Lapangan Bandar Setia Ujung di Kecamatan Percut Sei Tuan, Lapangan Pembangunan Ujung Desa Muliorejo, Lapangan Desa Sei Semayang, Desa Krio Kecamatan Sunggal. Lalu di Lapangan Peston Kecamatan Tanjung Morawa, Lapangan Bakaran Batu dan Paluh Kemiri Kecamatan Lubuk Pakam.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasubbag Teknis dan Hubungan Masyarakat KPU Sumut Harry ketika diwawancarai wartawan Sabtu (23/3).

"Iya, setiap lapangan yang ada di kabupaten/kota di Provinsi Sumut yang sudah ditentukan dijadikan tempat kampanye rapat umum Capres dan Cawapres RI, waktu dan tempat sudah dijadwalkan sesuai aturan," ungkap Harry.

Menurut Harry, tidak semua lapangan yang telah ditetapkan dijadikan lokasi kampanye rapat umum capres dan cawapres. Karena lokasi kampanye rapat umum merupakan keputusan dari capres dan cawapres serta partai pengusung.

"Memang lokasi itu yang menentukan capres-cawapres dan partai politik masing masing, mereka mau di lapangan mana. Tapi yang harus jadi perhatian, satu hari sebelum melakukan kampanye rapat umum, kegiatan  atau lokasi harus dilaporkan ke KPU dan harus mendapatkan persetujuan dari pihak kepolisian," sambungnya.

Selain kampanye rapat umum, ada juga kampanye tatap muka (yaitu dengan jumlah terbatas) bagi capres-cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Sumut dan DPRD kabupaten/kota. Kegiatan tatap muka juga wajib dilaporkan sehari sebelum kegiatan kepada KPU dan dan pihak kepolisian.

"Setiap kegiatan kampanye rapat umum dan tatap muka wajib dilaporkan sehari sebelum dilakukan kampanye. Tahapan kampanye dimulai pada tanggal 24 Maret sampai 13 April 2019, dan tanggal 14, 15 serta 16 April 2019 merupakan masa tenang," pungkasnya. (G/MBD/TAG)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px