Log in

Jokowi: Tunggu Hasil KPU

Capres Jokowi didampingi cawapres Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (17/4). Capres Jokowi didampingi cawapres Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (17/4).

Menangi Pemilu Versi Hitung Cepat 6 Lembaga Survei

Jakarta-andalas Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tak mau terlalu jemawa menyikapi hasil quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei atas Pilpres 2019 yang memenangkan dirinya bersama Ma'ruf Amin. Capres petahana itu meminta kepada para pendukungnya agar bersabar menunggu rekapitulasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dari indikasi exit poll dan quick count telah kita lihat semuanya, tapi kita harus bersabar dan menunggu perhitungan dari KPU secara resmi," ujar Jokowi yang didamping Ma'ruf Amin dalam jumpa pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Jokowi juga mengajak agar para pendukungnya dan seluruh rakyat Indonesia kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air pascapemilu. “Marilah kembali bersatu sebagai saudara sebangsa setanah air, setelah pileg dan pilpres. merajut kerukunan kita sebagai saudara setanah air," tutur Jokowi sekaligus sebagai penutup pernyataan resminya.

Pada jumpa pers Jokowi-Ma'ruf itu hadir para ketua umum Parpol pendukung koalisi Paslon 01. Mereka adalah Surya Paloh (NasDem), Diaz Hendropriyono (PKPI), Oesman Sapta Odang (Hanura), Airlangga Hartarto (Golkar), Suharso Monoarfa (PPP), Muhaimin Iskandar (PKB), Grace Natalie (PSI), Yusril Ihza Mahendra (PBB), dan Hary Tanoesoedibjo (Perindo).

Meski unggul dari hitung cepat Pilpres 2019, Jokwoi tidak ingin mendeklarasikan kemenangan. Ia juga tidak menyebut sudah memenangkan pertarungan dengan Prabowo-Sandiaga.  Salah satu tim sukses Jokowi-Ma'ruf, M Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB), mengakui memang Jokowi tidak ingin membuat deklarasi atau perayaan.

"Tidak ada satu pun orang yang bisa melarang deklarasi, tapi yang pasti Pak Jokowi tidak ada kegembiraan yang berlebihan, tidak ada euforia, yang terasa nuansa syukur alhamdulillah," kata TGB di The Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Rabu (17/4).

Mantan Gubernur NTB dua periode itu mengakui sikap Jokowi yang tidak ingin mendeklarasikan kemenangan agar masyarakat bisa menghargai penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Menyikapi klaim kemenangan pihak 02, Prabowo-Sandi, TGB mengatakan bahwa hasil quick count adalah metode yang sudah teruji. Namun kalau memang tidak diterima, hasil akhir KPU nanti, ada salurannya untuk menyampaikan keberatan berupa langkah hukum.

"Saya pikir kita sebagai bangsa kan perlu menghormati apa yang rakyat sudah sampaikan dalam pemilu ini. Jadi kalau ada keberatan, protes apa pun silakan diajukan ke Bawaslu, DKPP, KPU, MK segala macam," ujarnya.

Kemarin, pemungutan suara Pemilu 2019 serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Dalam Pemilu 2019, masyarakat Indonesia tidak hanya memilih capres dan cawapres tetapi juga para legislatif. Ada lebih dari 192 juta orang terdaftar sebagai DPT. Mereka yang berada di Indonesia, memilih di 810.329 TPS yang dijaga oleh 7,2 juta panitia pemilu.

Jokowi Unggul
Menjelang pergantian hari tadi malam, sejumlah lembaga survei yang menggelar penghitungan cepat (quick count) sudah mengumpulkan data hampir 100%. Pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo-Sandi. Hingga pukul 22.35 WIB, Rabu (17/4), ada 6 lembaga survei yang sudah mengumpulkan data pada kisaran 92,1% sampai 98,9%. Berikut hasilnya:

Litbang Kompas
01. Jokowi-Ma'ruf: 54,52 %
02. Prabowo-Sandiaga: 45,48%
Data terkumpul: 97% Suara

Indo Barometer
01. Jokowi-Ma'ruf: 54,53%
02. Prabowo-Sandiaga: 45,47%
Data terkumpul: 97,33% Suara

LSI Denny JA
01. Jokowi-Ma'ruf: 55,73%
02. Prabowo-Sandiaga: 44,27%
Data terkumpul: 98,90% Suara

CSIS-Cyrus
01. Jokowi-Ma'ruf: 55,7%
02. Prabowo-Sandiaga: 44,3%
Data terkumpul: 95,1% Suara

Charta Politika
01. Jokowi-Ma'ruf: 54,42%
02. Prabowo-Sandiaga: 45,58%
Data Terkumpul: 92,5% Suara

Konsepindo
01. Jokowi-Ma'ruf: 53,5%%
02. Prabowo-Sandiaga: 46,5%%
Data Terkumpul: 92,1% Suara

Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Hasil quick count ini merupakan hasil sementara. Hingga berita ini diturunkan, data terbaru masih masuk ke lembaga survei yang mengadakan quick count.
Data quick count bukan hasil resmi Pilpres 2019. Hasil resmi Pemilu menunggu penghitungan suara secara manual dari KPU.    (DTC/CNNI/DOH)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px