Log in

Jemaah Haji Kloter 1 Sumut Tiba di Tanah Air

Bupati Langkat Ngogesa Sitepu menyambut kedatangan jemaah haji kloter pertama Debarkasi Kota Medan tiba di Bandara Kuala Namu, Minggu (2/9) petang. Ist Bupati Langkat Ngogesa Sitepu menyambut kedatangan jemaah haji kloter pertama Debarkasi Kota Medan tiba di Bandara Kuala Namu, Minggu (2/9) petang. Ist

Medan-andalas Kelompok Terbang (Kloter) 1 jemaah haji Sumatera Utara (Sumut) asal Kabupaten Langkat tiba kembali di Tanah Air usai melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

Rombongan yang tiba di Bandara Kuala Namu Internasional, Minggu (2/9) pukul 15.53 WIB disambut Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, pejabat Kanwil Kemenag Sumut dan lainnya.

Dari bandara, rombongan jemaah haji tersebut langsung dibawa menuju Asrama Haji Medan di Jalan AH Nasution dengan menumpang sejumlah bus yang telah disediakan.

Rombongan tiba di Asrama Haji Medan sekitar pukul 17.30 WIB. Kedatangan mereka disambut penuh haru oleh keluarga jemaah yang telah menunggu. Isak tangis haru mewarnai momen pertemuan kembali para jemaah dengan sanak keluarga mereka setelah lebih sebulan berpisah.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan yang juga Plt Kakanwil Kemenag Sumut Darmansah menyampaikan selamat datang kepada para jemaah haji Kloter 1 tersebut. "Semoga menjadi haji mabrur dan mabruroh," ucapnya kepada para jemaah.

Harapan serupa juga disampaikan Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Setdaprov Sumut Noval Ahyar mewakili Pj Gubsu.

Sekdakab Langkat Indra Salahuddin menyampaikan semoga keberadaan para jemaah haji tersebut di tengah-tengah masyarakat nantinya dapat menjadi pribadi-pribadi yang memberi teladan. "Jemaah haji agar menjaga pribadi terpuji baik pikiran, perkataan dan perbuatan," harapnya.

Kabid Dokumentasi PPIH Debarkasi Medan melalui Koordinator Humas Imam Mukhair mengatakan, sebelumnya jemaah haji Kloter 1 berjumlah 388 orang termasuk 5 petugas.

Namun, dalam pemulangan ada 4 jemaah haji mutasi dari kloter lain, 1 jemaah haji wafat di Tanah Suci sehingga jumlahnya menjadi 391 orang. "Dua jemaah haji mutasi dari kloter 2 Langkat dan 2 dari kloter 5 Labuhan Batu," kata Imam.

Dirujuk ke RS Haji
Sementara itu, satu jemaah haji Kloter 1 bernama Waginem (81) yang baru tiba di Bandara Kuala Namu langsung dirujuk ke RS Haji Medan.

Ketua Tim Kesehatan Debarkasi Medan di Asrama Haji Medan dr Ziad Batubara MPH mengatakan, jemaah haji itu dirujuk ke RS Haji karena mengalami penyakit paru kronis dan jantung. "Jemaah haji tersebut dua jam sebelum pesawat landing di Bandara Kuala Namu gak sadar (pingsan)," katanya.

Menurutnya, saat berangkat kondisi jemaah itu memang risiko tinggi. "Mungkin diperburuk dengan kelelahan selama beribadah dan penerbangan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ziad, dua jemaah haji lainnya sedang menjalani perawatan di Klinik Asrama Haji Medan. Keduanya  yaitu Sarmin bin Sono Karyo asal Kloter 5 Labuhan Batu dan M Arifin (62) asal Langkat.

"Keduanya tanazzul. Jemaah haji Sarmin diperiksa di klinik karena post stroke. Waktu berangkat post stroke. Juga M Arifin mengalami post stroke yang juga sebelum berangkat post stroke. Kondisi keduanya sudahi stabil dan boleh pulang ke rumahnya masing-masing," kata Ziad.

Sedangkan jemaah haji Dahliati (56) istri dari M Arifin mengakui kalau suaminya memang stroke sudah setahun.

"Selama menunaikan ibadah haji suami saya tidak pernah dirawat di klinik di Arab Saudi. Tapi tetap dipantau dokter. Kami 7 tahun menunggu sejak 2011 dan tahun ini baru menunaikan ibadah haji," tutur Dahliati asal Kuala Begumit, Langkat.(YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 17 Nov 2018 30°C 22°C
  • 18 Nov 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px