Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Jaga Wibawa Pemkab Karo, Tower Telekomunikasi Tanpa Izin Harus Dibongkar

 Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi menginstruksikan Kasat Pol PP Kabupaten Karo menyegel tower telekomunikasi di STA Merek. Andalas/robert tarigan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi menginstruksikan Kasat Pol PP Kabupaten Karo menyegel tower telekomunikasi di STA Merek. Andalas/robert tarigan

Kabanjahe-andalas Desakan warga setempat untuk merobohkan menara tower provider Telekomunikasi yang menjulang tinggi bediri 'angkuh' di atas lahan aset milik Pemkab Karo di areal belakang bangunan Stasion Terminal Agribisnis (STA), Desa Bandar Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, semakin kuat.

Desakan itu menyusul setelah sebelumnya resmi disegel police line oleh aparat Sat Pol PP Kabupaten Karo. Desakan warga Desa Bandar Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo sangat beralasan. Pasalnya, begitu terungkap tower Base Transmision Stasion (BTS) Telekomunikasi itu berdiri tanpa IMB dan legalitas lainnya di lokasi Stasion Terminal Agribisnis (STA) Dinas Pertanian Kabupaten Karo, mereka semakin khawatir tower itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Bandar Tongging, Jhonson Simarmata didampingi Sekretaris Camat (Sekcam) Merek, Johan Ginting,, Senin (25/5) sore di Kabanjahe kepada andalas. "Kami minta Pemkab Karo melalui dinas terkait agar merobohkan tower salah satu pemilik telekomuniksi itu, karena warga kami takut dampak buruk radiasi terlebih berdiri liar di desa kami," ungkapnya.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karo, Hendrik Tarigan, penyegelan itu telah sesuai aturan yang berlaku, karena tower telekomunikasi tersebut berdiri tanpa mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Terlebih lagi tower telekomunikasi itu didirikan diatas lahan Pemerintah Kabupaten Karo, tegasnya.

Menindaklanjuti instruksi Bapak Bupati Karo, secara faktual di lapangan, kita cek bersama dinas terkait bidang IMB dan Pengguna Aset, jelas semuanya menyalahi aturan. “Langkah ini dilakukan, bagian dari fungsi selaku Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang mempunyai kewenangan mengusut dan menghentikan perbuatan yang dapat merugikan milik negara dalam hal ini Pemkab Karo,” jelasnya.

Menyinggung dirobohkan atau tidak, untuk menegakkan dan menjaga marwah dan wibawa Pemkab Karo, Hendrik Tarigan menjelaskan, kami masih menunggu itikad baik pemilik tower itu, nanti siap libur lebaran Idul Fitri 1441 H, kita akan lihat, tegasnya.

Hal senada diungkapkan, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karo, Joses Bangun, mengaku sampai detik ini pihak perusahaan telekomunikasi itu belum pernah ada melakukan pemberitahuan maupun mengurus izin, sebagaimana dalam amanat Permenkominfo 2/2008, yang menegaskan, pembangunan menara wajib memiliki Izin Mendirikan Bangunan Menara dari Bupati/Walikota setempat, ungkapnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C