Log in

Hanyut di Sungai Asahan, Tiga Mahasiswa UMN Alwashliyah Belum Ditemukan

Tim gabungan sedang melakukan briefing sebelum melakukan pencarian terhadap empat korban yang hanyut di Sungai Asahan, Kamis (9/8). andalas/hamdan rangkuti Tim gabungan sedang melakukan briefing sebelum melakukan pencarian terhadap empat korban yang hanyut di Sungai Asahan, Kamis (9/8). andalas/hamdan rangkuti

Kisaran-andalas Tiga mahasiswa Universitas Muslim Nusantara (UMN) Alwashliyah Medan dan seorang pelajar, hilang terseret arus Sungai Asahan, Desa Marjandi Aceh, Kecamatan Aek Sonsongan, Kabupaten Asahan, Rabu (8/8) sore. Musibah terjadi saat keempat korban tiba-tiba hanyut saat mandi-mandi di sungai berarus deras itu.

Keempat korban, yakni Maya Daulay (21) warga Deli Serdang, Maulidia Batubara (21) warga Deli Serdang, dan Dwihadi Hendra (21), warga Sumatera Barat, serta Fery (14), warga Kelurahan Siumbut Baru, Kecamatan Kisaran Timur, Asahan yang masih berstatus pelajar.

Sejak keempat korban dilaporkan hanyut pada Rabu sore, tim gabungan dari Basarnas dan instansi terkait serta dibantu relawan dan masyarakat langsung terjun melakukan pencarian.

Upaya pencarian terus dilakukan hingga malam hari. Namun belum membuahkan hasil. Karena cuaca semakin gelap, tim kemudian memutuskan menghentikan sementara pencarian.

Pada Kamis (9/9) pagi, tim gabungan dibantu relawan dan masyarakat kembali melanjutkan pencarian. Ada tim yang menyisir pinggiran sungai dan tim lain menyisir aliran sungai. Namun hingga Kamis petang keempat korban belum berhasil ditemukan.

"Empat korban belum ditemukan. Saat ini pencarian masih terus dilakukan," ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan.

Nainggolan mengatakan untuk mendukung upaya pencarian terhadap keempat korban itu, Polsek Bandar Pulau telah membuat posko di sekitar lokasi pencarian korban hanyut.

Lebih lanjut dijelaskan Nainggolan, keempat korban yang hanyut ini awalnya bersama rombongannya berjumlah 14 orang terdiri 8 mahasiswa dan 6 masyarakat Siumbut Baru, berekreasi ke Pemandian Bedeng, Dusun III, Desa Marjandi Aceh, Kecamatan Aek Sonsongan, Asahan.

Ini dilakukan sebagai ajang perpisahan usai para mahasiswa UMN Alwashliyah Medan itu melangsungkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Siumbut Baru.

Namun selanjutnya, sekitar pukul 15.30 WIB, saat mandi di tepi Sungai Asahan, dua orang hanyut karena terbawa arus sungai. Kemudian tiga orang rekannya yang berusaha menolong juga ikut terseret derasnya arus air sungai.

"Melihat kejadian tersebut warga berusaha menolong. Lalu sekitar jarak 150 meter dari lokasi hanyut, warga berhasil menolong satu korban bernama Fandi Ahmad Siregar (21), sedangkan teman-temannya terbawa arus sungai," jelasnya.

Sementara itu tim gabungan terdiri dari Tim SAR Asahan, Tiga Pilar Plus bekerja sama dengan masyarakat masih melakukan pencarian terhadap keempat korban hanyut tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Asahan Khaidir Sinaga mengatakan pencarian melibatkan sekitar 80 orang personel. Dalam pencarian ini, BPBD Asahan dan Basarnas dibantu Mapala UMN Al Washliyah.

Masyarakat dari Toba Samosir dan Kecamatan Bandar Pulau juga turut menjadi relawan untuk melakukan pencarian dan penyelamatan.

"Kendala yang dihadapi tim pencari adalah arus yang sangat deras. Sungai Asahan terkenal memiliki arus dengan grade 6,"sebutnya saat dikonfirmasi Kamis (9/8) siang.

Selain arus yang sangat deras, lanjut Khaidir tebing yang ada di Sungai Asahan juga menyulitkan tim pencari. "Tebingnya tinggi antara 30 meter hingga 70 meter. Kita harus menempuh medan yang jauh dan sulit," jelasnya.

Tim pencari menurutnya terus menyusuri alur sungai yang panjangnya mencapai 12 Km untuk menemukan korban. "Kita berharap semoga dapat ditemukan hari ini," harap Khaidir.

Khaidir menjelaskan masa pencarian akan dilakukan hingga 5 hari ke depan. Ini katanya sesuai hasil koordinasi dengan Muspika Asahan. "Semula mereka diberi target 3 hari,” ungkapnya.

Selain itu, terdapat dua posko yang telah digunakan dalam pencarian ini. Posko itu ditempatkan di Desa Marjandi Aceh, Aek Sonsongan, dan Bandar Pulau. (DA/FAS)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 4.83 km/h

  • 23 Oct 2018 27°C 22°C
  • 24 Oct 2018 26°C 22°C

Banner 468 x 60 px