Log in

Hanya Tujuh Parpol yang 100 Persen

Suasana saat KPU Sumut menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi hasil verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2019 di Hotel Santika, Medan, Minggu (11/2). andalas|ahmad fuad siregar Suasana saat KPU Sumut menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi hasil verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2019 di Hotel Santika, Medan, Minggu (11/2). andalas|ahmad fuad siregar

Calon Peserta Pemilu 2019 di Sumut

Medan-andalas Komisi Pemilihan Umum menyatakan hanya tujuh partai politik di Provisi Sumatera Utara yang memenuhi syarat 100 persen dari verifikasi administrasi dan faktual untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

Hal itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menggelar rapat pleno terbuka perihal rekapitulasi tingkat provinsi hasil verifikasi faktual partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 di Hotel Santika, Medan, Minggu (11/2). Rapat tersebut merupakan penyampaian hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh 33 KPU kabupaten/kota se-Sumut terhadap 12 parpol cpeserta Pemilu 2014 lalu dan 4 parpol baru.

Usai rapat pleno, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Iskandar Zulkarnain mengatakan, tujuh parpol yang memenuhi syarat 100 persen terdiri dari enam parpol lama dan satu parpol baru. Parpol lama yang memenuhi syarat 100 persen itu adalah PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai NasDem.

Sedangkan parpol baru yang memenuhi syarat 100 persen di 33 kabupaten/kota di Sumut hanya Partai Perindo. Menurut Iskandar, rapat pleno yang digelar hari itu merupakan hasil verifikasi terhadap syarat parpol sebagai calon peserta Pemilu 2019, termasuk hasil verifikasi faktual yang dilakukan 33 KPU kabupaten/kota di Sumut. Rapat pleno tersebut untuk menyampaikan parpol tingkat kabupaten/kota yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS).

"Jumlah parpol yang TMS tiap daerah bervariasi. Ada satu, dua, bahkan lebih. Namun dari 33 kabupaten/kota di Sumut, hanya Kabupaten Nias Selatan yang paling banyak TMS yakni hingga empat parpol," katanya.

Ia menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan sebuah parpol dinyatakan TMS, seperti tidak menyerahkan dokumen, jumlah keanggotaan partai tidak mencapai batas minimal, bahkan ada cabang parpol yang tidak ada di daerah tertentu.

Meski demikian, ada 11 daerah yang ke-16 parpol dinyatakan memenuhi syarat seperti Asahan, Dairi, Langkat, Binjai, Siantar, Sibolga, Tebing Tinggi, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Tengah.

Selanjutnya hasil rekapitulasi ini langsung di-input ke dalam Sipol (sistem informasi parpol) KPU RI. "Penetapan parpol peserta Pemilu 2019 dilakukan oleh KPU RI pada 17 Februari 2018," imbuhnya. (AFS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 16 Aug 2018 30°C 23°C
  • 17 Aug 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px