Log in

Gara-Gara Percut Seituan, Rekap KPU Sumut Belum Tuntas

Suasana terakhir rekap suara Pemilu 2019 untuk Nias Selatan di KPU Sumut, Sabtu malam (18/5). Andalas/a fuad siregar Suasana terakhir rekap suara Pemilu 2019 untuk Nias Selatan di KPU Sumut, Sabtu malam (18/5). Andalas/a fuad siregar

Medan – andalas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut masih terus melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu tingkat provinsi. KPU sedang menunggu Kabupaten Deli Serdang yang segera dibereskan sebelum dibawa ke KPU RI pada Senin, 20 Mei 2019.

KPU Kabupaten Deli Serdang disebut tinggal melakukan pengisian dokumen dan memperbanyak dokumen DB1 untuk diserahkan kepada para saksi peserta pemilu.

"Iya tinggal masalah teknis saja yang belum selesai dilakukan oleh KPU Kabupaten Deli Serdang. Menurut informasi terakhir Dokumen DA1 dan DB1 tinggal difotokopi dan dibagikan kepada sejumlah saksi peserta pemilu. Ini kita dari KPU Sumut juga akan ke lokasi rekapitulasi penghitungan suara di sana (KPU Deli Serdang), akan melakukan supervisi untuk mempercepat," ungkap Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Minggu (19/5).

Tujuan dilakukan percepatan, menurut Benget, mengingat rekapitulasi dan penghitungan seharusnya sudah naik ke tahap nasional. Dari seluruh provinsi, hanya tiga provinsi yang belum menyelesaikan penghitungan.

"Ada tiga provinsi yang belum menyelesaikan rekapitulasi. Selain Sumut, ada Maluku dan Riau. Jadi kita targetkan hari ini Kabupaten Deli Serdang harus selesai agar besok pagi pesawat penerbangan pagi sudah bisa sampai ke KPU RI," sambungnya.

Ditambahkan Benget, tanggal 22 Mei diprediksi KPU RI akan melakukan pengumuman. Untuk itu, dua hari efektif sebelum tanggal 22 Mei 2019, KPU Sumut harus selesai.

"Memang sanksi kepada kita tidak ada, hanya saja kita dari penyelenggara harus memberikan pelayanan yang cepat kepada peserta atau saksi peserta pemilu. Masyarakat juga harus diberikan kenyamanan. Nantinya, jika masih ada kendala juga di Kabupaten Deli Serdang, teknis rekapitulasinya akan kita pikirkan, apakah akan dihitung DA1 dan DB1 langsung ke sini (KPU Sumut) atau bisa diselesaikan di sana (KPU Deli Serdang). Kita targetnya hari ini mudah-mudahan selesai rekap tingkat provinsi," terangnya.

Banyak Kepentingan

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 mulai dari TPS dan PPK di Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) memakan waktu hingga satu bulan lebih.

Hal ini menjadikan rekap di tingkat provinsi (KPU Sumut) juga menjadi terkendala. Sedangkan batas akhir rekap sesuai Peraturan KPU berakhir pada 18 Mei 2019 (perpanjangan dua kali), karena rekapitulasi secara nasional juga sudah ditetapkan pada 22 Mei 2019.

Tidak jelas apa yang menjadi kendala mengapa terjadi seperti itu, meski diakui ada 1.250 TPS yang harus dihitung rekap.

Menyikapi hal itu, sumber di KPU Sumut yang memohon jati dirinya tak disebut, mencium aroma kepentingan sangat kental dari lamanya rekap di Kecamatan Percut Seituan. Apalagi diketahui perolehan suara Pileg maupun DPD yang akan lolos ke Senayan ditentukan oleh hasil suara di kabupaten tersebut.

“Ya kalau tak ada unsur kepentingan tidaklah mungkin sampai sebulan lebih baru selesai. Kita juga terkena imbasnya,” tegas sumber tersebut.

Lebih jauh sumber itu menggambarkan, banyak caleg yang masih menunggu hasil hitung suara di daerah tersebut. Begitu juga dengan jatah dua kursi calon DPD masih sangat ditentukan dari hasil rekap di daerah itu. “Bahkan dari KPU Deli Serdang sendiri kita tidak menerima jawaban yang jelas apa sebenarnya penyebab lamanya perhitungan,” tadasnya.

Seperti diketahui, hingga pukul 16.00 WIB, Minggu (19/5) perhitungan rekap suara Pemilu dari Deli Serdang belum juga dilakukan. Informasi yang didapat dari berbagai pihak juga menyebutkan belum dapat memastikan apakah akan dilakukan perhitungan untuk Deli Serdang. Lalu, apa payung hukum atas rekap yang akan dilakukan kemarin juga tidak diketahui.

Sedangkan komisioner KPU Sumut yang hendak dikonfirmasi juga tidak ada yang kelihatan.

“Belum jelas juga ini bang, belum pasti soalnya hingga saat ini belum ada yang hadir dari KPU maupun Bawaslu Deli Serdang,” ujar salah staf KPU Sumut pesimistis.

Sebelumnya KPU Sumut selama dua hari dari tanggal 17 hingga 18 Mei melakukan rekap dari Nias Selatan yang juga bermasalah. Karena faktor keamanan, sehingga rekap di PPK dialkukan di KPU Sumut. (AFS/TN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px