Logo
Print this page

Evakuasi Enam Korban Longsor Terhambat Cuaca Buruk

Warga dan petugas gabungan di lokasi tebing longsor di Nias Selatan. Warga dan petugas gabungan di lokasi tebing longsor di Nias Selatan.

Cuaca buruk membuat upaya evakuasi terhadap enam korban longsor di Dusun Dua, Desa Sukamaju Mohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) menyulitkan petugas. Seyogianya evakuasi kembali dilanjutkan, Senin (12/11). Namun di hari ketiga upaya pencarian belum membuahkan hasil.

"Saat ini pencarian terpaksa dihentikan sementara karena hujan deras," kata Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Nias Tonggor Gultom kepada wartawan melalui telepon seluler.

Selain cuaca, akses menuju ke lokasi juga sangat sulit. Petugas harus menembus jalanan berlumpur sedalam sekitar 50 cm.  "Kondisi ini juga yang membuat alat berat tidak bisa masuk. Apalagi jalan menuju ke sana bergelombang serta jalan menuju desa itu kanan kirinya juga jurang. Jadi kita masih mencari cara lain," katanya.

Karena alat berat yang tidak bisa masuk, lanjutnya, petugas melakukan pencarian dengan menyisir kawasan longsor. Sehingga pembersihan material dilakukan dengan cara manual.

"Kita sangat hati-hati. Karena kita menghitung ada potensi longsor susulan. Apalagi saat hujan deras. Kita imbau masyarakat untuk selalu waspada dengan bencana alam," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, satu keluarga di Dusun Dua, Desa Sukamajumohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nisel tertimbun tanah longsor, Sabtu (10/11). Tinggi longsoran itu diperkirakan mencapai 10-15 meter.

Informasi yang diperoleh, satu keluarga yang tertimbun longsor tersebut ada tujuh orang yakni Aristina Laia ina Elsa (33), Dalman Hulu (7), Setiamas Hulu Ina Putri (30), Rei Jaya Hulu (3), Putri Hulu (5), Noverman Hulu (2) dan Kristofen Hulu (4).

"Ketujuh orang ini merupakan satu keluarga. Korban yang berhasil dievakuasi atas nama Kristofen Hulu. Namun korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," katanya.

Saat kejadian, jelasnya lagi, hujan turun cukup deras. Satu keluarga ini berada di dalam rumah saat longsor terjadi di kawasan itu sekira pukul 09.00 WIB. Namun Basarnas baru mendapatkan laporan sekira pukul 11.00 WIB.

"Memang hujan cukup deras. Begitu mendapat laporan kita langsung bergerak ke lokasi longsor," katanya.

Berpotensi Longsor

Hujan lebat disertai angin kencang di pegunungan dan pantai barat Sumut dapat menyebabkan terjadinya longsor dan banjir.

"Dua sampai tiga hari ke depan curah hujan masih tinggi di Provinsi Sumut," kata Kepala Bidang Data Balai Besar Meterologi, Klimatologi, Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Syahnan kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/11).

Dijelaskannya, intensitas hujan cukup tinggi dari bulan Oktober hingga November masih berlangsung dengan waktu hujan berbeda-beda di setiap daerah. "Seperti kemarin di Medan, hujan turun dari siang hingga malam hari," ujarnya.

Curah hujan ini terjadi di daerah pantai timur dan daerah pegunungan. Daerah longsor akan terjadi di dataran tinggi (pegunungan). Sedangkan untuk daerah banjir, pihaknya tidak bisa memprediksi.

"Angin kencang disertai hujan lebat dan kilat/petir berpotensi di daerah yang saya katakan tadi. Sedangkan suhu panas daerah dataran rendah 26-31 derajat celsius, daerah pegunungan 18-26 derajat celsius," sebutnya.

Prakiraan cuaca wilayah pelayanan sampai 14 November 2018, waspada gelombang tinggi dengan tinggi gelombang 2.0-5.0 meter berpeluang terjadi di Perairan Banda Aceh-Sabang, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Kepulauan Nias-Sibolga, Samudera Hindia barat Aceh dan Samudera Hindia barat Kepulauan Nias.

"Kondisi sinoptik, angin di perairan Sumatera bagian Utara pada umumnya bertiup dari Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 2-25 knot," katanya mengakhiri. (YN)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com