Log in

Edy-Ijek Fokus Lima Bidang

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn) Edy Rahmayadi dan Drs H Musa Rajekshah MHum salam komando usai dilantik Presiden Jokowi, Rabu (5/9), di Istana Negara, Jakarta. Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn) Edy Rahmayadi dan Drs H Musa Rajekshah MHum salam komando usai dilantik Presiden Jokowi, Rabu (5/9), di Istana Negara, Jakarta.

Resmi Jadi Gubernur-Wakil Gubernur Sumut

Jakarta-andalas Presiden RI Joko Widodo melantik Letnan Jenderal TNI (Purn) Edy Rahmayadi dan Drs H Musa Rajekshah MHum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023, bersama delapan gubernur-wakil gubernur lainnya, Rabu (5/9), di Istana Negara Jakarta.

Dalam pelantikan tersebut, ada pesan khusus dari Presiden Jokowi kepada para gubernur-wakil gubernur yang dilantik agar dapat langsung bekerja untuk mengejar keterlambatan pembangunan selama ini di provinsi masing-masing.

Gubernur-wakil gubernur pun mengikuti seluruh prosesi pelantikan mulai dari pemberian surat tanda keputusan Presiden, penandatanganan berita acara pelantikan hingga proses pengambilan sumpah jabatan.

Edy-Ijek tampak bersemangat menyampaikan ikrar sebagai pemimpin Sumatera Utara lima tahun ke depan. Usai dilantik, Edy-Ijeck disambut puluhan orang warga Sumut di halaman Istana Negara untuk memberikan ucapan selamat, sekaligus berfoto bersama dengan pemimpin baru.

Meskipun dalam kondisi cuaca panas dan ramai dengan tamu, keduanya tampak antusias melayani permintaan masyarakat yang menunggu sejak pagi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan, bahwa langkah awalnya  sebagai kepala daerah adalah melakukan evaluasi dan konsolidasi untuk  mengetahui bagaimana kemampuan seluruh perangkat kerja atau jajaran organisasi perangkat daerah (OPD). Sebab tanpa memahaminya, akan sulit menyinergikan program pembangunan, meskipun visi misi berulang kali disampaikan.

Lima Prioritas

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan dirinya bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah (Ijek) akan fokus kepada lima bidang dalam 100 hari pertamanya menjabat.

"Visi misi ini jelas pertama 100 hari mempelajari tentang ketenagakerjaan karena Sumatera Utara sangat berharap tentang itu," kata Edy.

Kedua adalah pendidikan, ketiga adalah kesehatan, keempat infrastruktur dan yang kelima bahwa Sumatera Utara adalah provinsi agraris sehingga harus segera dikembalikan ke pembangunan pertanian.

"Pembangunan kita akan fokus dalam mendukung visi dan misi kelima saya karena tanpa itu nggak akan masuk orang ke sana ke Sumatera Utara," tambah Edy.

Ditegaskannya pembangunan di 33 kabupaten/kota di Sumut harus sejalan, se-iya sekata, serta tidak ada lagi pengotak-kotakan.

"Segera kejar keterlambatan pembangunan. Berarti kita sudah terlambat pembangunannya," ujar Edy mengungkapkan pesan dari Presiden Jokowi kepada keduanya.

Edy yang masih menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) juga mengatakan tidak akan melepas jabatannya di PSSI.

"PSSI adalah suatu kegiatan yang terprogram, terencana dan saat ini kita menyiapkan sampai 2034. Sudah ada di situ tiga buku petunjuk administrasi PSSI, buku petunjuk teknis PSSI dan buku petunjuk pelaksanaan pembinaan PSSI sudah diatur dari usia 15 sampai senior," ungkap Edy.

Edy-Ijek yang didukung PAN, PKS, Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Gerindra dalam Pilkada 2018 itu mengaku mendukung kedua pasangan calon presiden-wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Siapa yang mau bisa memakmurkan Sumatera Utara saya akan dukung ke sana, dua-duanya (calon presiden dan wakil presiden), nanti saya bicara dulu harus pasti untuk kepentingan Sumatera Utara bukan untuk kepentingan Edy," kata mantan Pangkostrad itu.

Sementara Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyampaikan terima kasih kepada rakyat atas kepercayaan yang diberikan kepada mereka. Dirinya pun mengajak seluruh rakyat Sumut menjaga kebersamaan agar pembangunan berjalan baik.

"Tidak ada lagi kontestasi, semua kita harus bersama membangun Sumut. Semoga kami bisa amanah menjalankan tugas ini," sebutnya.

Hadir diantaranya Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Pj Gubernur Sumut Eko Subowo, Sekdaprov Sumut Dr Hj Sabrina serta jajaran pimpinan OPD Pemprov Sumut.

Pada Pilgubsu 27 Juni 2018 lalu, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah meraih 3.291.137 suara atau 57,57 persen atau unggul dari pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang diusung PDIP dan PPP.  (WAN/ANT)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px