Log in

Duel Sengit Liverpool vs AS Roma


Sulit Diprediksi

Liverpool akan menjamu AS Roma dalam pertandingan leg pertama babak semifinal Liga Champions, yang akan berlangsung di Anfield pada  Rabu (25/4) pukul 01.45 WIB. Dan ini akan menjadi pertandingan pertama bagi Mohamed Salah untuk menghadapi mantan timnya, setelah bergabung dengan The Reds pada musim panas lalu.

Liverpool datang ke pertandingan ini setelah hanya dapat menuai hasil imbang 2-2, saat menghadapi tim juru kunci Liga Premier Inggris, West Bromwich Albion, pada akahir pekan lalu. Kendati demikian, tim asuhan Jurgen Klopp itu masih bisa dibilang memiliki performa yang sangat baik di keseluruhan musim.

Bahkan mereka menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak kedua di Liga Premier Inggris, dengan mencatatkan 80 gol. Adalah Mohamd Salah, yang menjadi bintang The Reds sejauh musim ini, dengan mencatatkan total 41 gol dari 47 penampilannya di semua kompetisi. Dan diperkirakan, pemain asal Mesir itu masih akan menjadi andalan di lini depan The Reds, bersama Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Saat ini Liverpool duduk di posisi ke-3 di tabel klasemen, dengan perolehan 71 poin. Dan itu bisa dibilang merupakan posisi yang cukup aman untuk dapat kembali beraksi di pentas Eropa musim depan. Oleh karena itu, Jurgen Klopp pastinya akan mengerahkan susunan pemain terbaiknya dalam bentrokan pada pertengahan pekan ini.

Di sisi lain, AS Roma lolos ke tahap ini setelah melalui pertarungan yang sangat menegangkan melawan salah satu tim favorit di kompetisi, Barcelona. Bagiamana tidak? Di pertandingan leg pertama yang berlangsung di Camp Nou, mereka dihajar tuan rumah dengan skor 4-1. Akan tetapi, mereka berhasil bangkit di leg kedua yang berlangsung di Stadio Olimpico, dengan meraih kemenangan 3-0 atas pemenang Copa del Rey itu. Alhasil, mereka lolos ke semifinal setelah unggul agresivitas gol tandang.

Menjelang pertandingan yang berlangsung di Anfield, Giallorossi datang dengan kemenangan 3-0 atas SPAL di pertandingan terakhir mereka di Serie A. Hasil tersebut membuat mereka saat ini duduk di posisi ke-3 dengan mengumpulkan 67 poin. Meski begitu, posisi AS Roma masih belum bisa dibilang aman, mengingat hingga giornata ke-34 di Serie A, persaingan untuk memperebutkan tempat di Liga Champions musim depan terbilang sangat ketat, di mana mereka harus bersaing dengang Lazio dan Inter, yang masing-masing membuntuti di posisi ke-4 dan ke-5.

Oleh karena itu, mudah untuk mengatakan bahwa AS Roma memiliki tugas yang relatif lebih sulit daripada Liverpool, di sisa musim ini. Akan tetapi, dengan kemenangan yang sangat mengejutkan atas Barcelona, pastinya tim asuhan Eusebio Di Francesco itu akan datang ke Anfield dengan penuh keyakinan.

Terlebih lagi mereka memiliki catatan head to head yang cukup bagus saat menghadapi Liverpool. Giallorossi telah memenangkan tiga pertandingan terakhir mereka melawan Liverpool. Dua di antaranya bahkan terjadi di Anfield. Di sisi lain, Liverpool juga memiliki bentuk yang sangat bagus di pertandingan kandang mereka akhir-akhir ini, yang menyebabkan pertandingan ini akan menjadi bentrokan yang sulit untuk diprediksi.

Namun, The Reds memiliki beban tugas yang lebih ringan daripada AS Roma di sisa musim ini, dan itu bisa jadi keuntungan bagi mereka untuk tetap fokus untuk mengantongi keunggulan menjelang pertandingan leg kedua di Roma.

Fokus Salah        

Laga di Anfield ini akan berfokus pada Mohamed Salah, bintang harapan tuan rumah sekaligus mantan pemain kunci tim tamu. Mohamed Salah yang baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik PFA musim 2017-2018 akan mendapatkan panggung besar. Salah yang sudah mencetak sembilan gol di Liga Champion, dituntut untuk membantu Liverpool menyingkirkan Roma.

Pekerjaan ini bakal penuh tantangan. Roma memang bukan tim yang punya pertahanan khas tim Italia 'normal'. Namun, tim asuhan Eusebio Di Francesco nyatanya bisa membuat Barcelona yang memiliki Lionel Messi dan Luis Suarez jadi mandul di leg kedua perempat final Liga Champions lalu.

Mohamed Salah akan mendapatkan dukungan penuh dari seluruh tim Liverpool, terutama dua rekannya yang membentuk trisula lini depan The Reds, julukan Liverpool. Ada Roberto Firmino dan Sadio Mane, yang bersama Salah total sudah mencetak 23 gol.

Sementara itu, Liverpool juga memiliki James Milner yang sudah menyumbang tujuh assist di Eropa. Lini tengah mereka semakin kokoh karena kapten Jordan Henderson sudah bisa mengisi posisi gelandang tengah kembali.

Henderson sendiri, memberi penilaian istimewa untuk Salah yang sudah mencetak 41 gol dalam 46 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

"Saya pikir kami berharap ia tampil baik, tapi pencapaiannya lebih dari yang kami duga. Ia terus berkembang, lebih baik dari laga ke laga, dan tentu saja semakin percaya diri," kata Henderson dikutip laman resmi Liverpool.

Mengincar Peluang

Sementara itu, AS Roma datang ke Stadion Anfield untuk menjinakkan binatang buas yang mereka ciptakan sendiri. Selama berada di Roma, Salah mencetak 34 gol dalam 83 penampilan. Sekarang Gialorossi, harus menemukan cara untuk menghentikannya.

Namun, kapten Roma, Daniele De Rossi meyakini timnya tidak akan gentar menghadapi Liverpool di kandang lawan. Baginya, meski Roma lebih tidak diunggulkan, akan selalu ada peluang memenangi laga.

"Pada level (semifinal) ini semua tim - Liverpool, Bayern, Real Madrid - adalah tim yang hebat, luar biasa. Liverpool telah membuat pernyataan, mirip dengan kami, dengan mengalahkan tim yang saya pikir mungkin menjadi favorit untuk memenangkan segalanya, Manchester City.

"Liverpool memiliki pelatih yang pendekatannya saya sukai. Kami menghormati mereka, tentu saja, sama seperti yang kami lakukan Barcelona dan Shakhtar - tetapi kami akan memiliki peluang," kata De Rossi dikutip laman resmi klub. (SBN/TID)


Perkiraan Susunan Pemain
Liverpool: Lars Karius; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; Alex Oxlade Chamberlain, Jordan Henderson, James Milner; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

AS Roma: Alisson; Federico Fazio, Kostas Manolas, Juan Jesus; Alessandro Florenzi, Kevin Strootman, Daniele De Rossi, Radja Nainggolan, Aleksandar Kolarov; Patrik Schick, Edin Dzeko

Head to Head Liverpool vs AS Roma:
02-08-2016 Liverpool 1 : 2 Roma
24-07-2014 Liverpool 0 : 1 Roma
25-07-2012 Roma 2 : 1 Liverpool
04-08-2004 Roma 1 : 2 Liverpool
19-03-2002 Liverpool 2 : 0 Roma
05-12-2001 Roma 0 : 0 Liverpool

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

30°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 73%

Wind: 11.27 km/h

  • 24 May 2018 30°C 23°C
  • 25 May 2018 28°C 23°C

Banner 468 x 60 px