Log in

DPW Sumut Terbanyak Lahirkan Pelatih Saksi NasDem

Sekretaris DPW Partai NasDem Sumut Iskandar ST memberi arahan kepada Komisi Saksi NasDem (KSN) DPD kabupaten/kota se-Sumut peserta ToT, Selasa (17/4). andalas/siong Sekretaris DPW Partai NasDem Sumut Iskandar ST memberi arahan kepada Komisi Saksi NasDem (KSN) DPD kabupaten/kota se-Sumut peserta ToT, Selasa (17/4). andalas/siong

Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Sumatera Utara semakin mematangkan strateginya menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 serta Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 dengan menggelar Training of Trainer (ToT) bagi Komisi Saksi NasDem (KSN) tingkat DPD kabupaten/kota se-Sumatera Utara, Selasa (17/4).

Pelatihan yang dilaksanakan di Sekretariat DPW Partai NasDem Sumut, Jalan Monginsidi, Medan itu, menghadirkan Sekretaris KSN Pusat Nasrullah, Sekretaris DPW Partai NasDem Sumut Iskandar ST, dan Ketua KSN Wilayah Sumut Natanael Ketaren ST, sebagai penyampai materi.

Iskandar mengatakan kegiatan ini dilakukan mengingat KSN merupakan ujung tombak dalam proses pemungutan, pengawalan, bahkan penjagaan perolehan suara baik di pilkada serentak, pemilihan legislatif (pileg), dan pemilihan presiden (pilpres) mendatang.

"Untuk itulah hari ini KSN kita beri pengetahuan, masukan, arahan, pembelajaran hingga teknik-teknik untuk digunakan para saksi kita di TPS-TPS guna mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam pemilu," jelasnya.

Melalui pelatihan ini, saksi-saksi Partai NasDem juga akan memperdalam ilmu dan mendapat pembekalan pengetahuan di dalam upaya menjaga dan mengawal hasil perolehan suara mulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Jumlah saksi yang kita siapkan sebanyak 75 ribu orang," sebut Iskandar.

Lahirkan Pelatih Terbanyak
Dalam arahannya, Iskandar juga menyampaikan kabar gembira terkait persiapan KSN yang dilaksanakan di Asrama Haji Medan beberapa waktu lalu, di mana DPW Partai NasDem Sumut ternyata telah melahirkan trainer-trainer atau pelatih saksi terbanyak di Indonesia dengan hasil nilai atau klasifikasi melampaui standar yang ditetapkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem.

"Sesuai apa yang disampaikan Ketua KSN Pusat I Gusti Putu Artha, DPW Sumut telah melahirkan trainer-trainer dengan klasifikasi hasil melampaui standar yang ditetapkan. Kata beliau ada sekira 60 lebih trainer dari DPW Sumut atau terbanyak dari seluruh Indonesia," ungkap Iskandar.

Selain itu, lanjut Iskandar, struktur DPW Partai NasDem Sumut kini mengalami kemajuan signifikan karena telah berada hingga ke seluruh kabupaten/kota hingga ke tingkat kelurahan atau Dewan Pimpinan Ranting (DPRt).

Sementara itu Natanael Ketaren menambahkan, melaui pelaksanaan ToT bagi seluruh KSN ini, nantinya seluruh saksi di setiap tingkat kecamatan diharapkan mampu melakukan pemetaan terhadap TPS-TPS, baik itu potensi suara untuk Partai NasDem maupun potensi terjadinya kecurangan di setiap TPS.

Dalam pelaksanaan ToT, sebut Natanael, seluruh KSN mendapat pelatihan secara khusus dari Ketua KSN Pusat Nasrullah seperti cara melakukan pemetaan, potensi suara, dan lainnya.

"Mari kita belajar sungguh-sungguh terhadap materi yang dibawakan oleh Kakak Nasrullah sehingga nantinya kita bisa menjadi trainer-trainer profesional yang diharapkan mampu memberi ToT untuk kabupaten dan kota masing-masing," harap Natanael kepada para peserta ToT. (SIONG)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px