Log in

Direktur BMT Larikan Rp30 M Dana Nasabah

Nasabah BMT Amanah Ray Nurul Amaniah kehilangan Rp500 juta. Nasabah BMT Amanah Ray Nurul Amaniah kehilangan Rp500 juta.

Nurul Amaniah Kehilangan Rp500 Juta

Medan-andalas Puluhan nasabah dan karyawan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Amanah Ray di Medan, Sumatera Utara, mendatangi Polrestabes Medan, Selasa (10/9). Mereka hendak melaporkan Direktur BMT Amanah Ray, Rusdiono yang diduga membawa kabur uang nasabah lebih dari Rp30 miliar.

Salah seorang nasabah BMT, Nurul Amaniah, warga Jalan Setia Budi, Medan, tampak terduduk lemas di tengah-tengah nasabah lainnya. Sambil memegang selembar kertas, wanita paruh baya ini menuturkan bahwa uang miliknya sebesar Rp500 juta hilang, diduga dibawa kabur Direktur BMT Amanah Ray Rusdiono.

Bicara dengan nada pelan dan mata yang menatap sayu, wanita ini bercerita bahwa dirinya sudah menabung dan deposito di BMT Amanah Ray Cabang Setia Budi sejak tahun 2004. Sehari-hari berjualan ayam potong di salah satu pasar tradisional Kota Medan yakni Pasar Sei Kambing, Medan, Nurul menyisihkan uang jualannya untuk ditabung di BMT Amanah Ray.

"Uangnya untuk bayar sekolah anak-anak. Jadi ibu sama anak ibu nabung, kadang sehari dari anak-anak ibu lima puluh ribu atau seratus ribu sampai terkumpul lebih Rp500 juta," katanya, sambil sesekali menyeka keringat di wajahnya.

Ia mengaku, alasannya memilih BMT Amanah Ray karena dijanjikan keuntungan 10 persen, sehingga membuat dirinya percaya untuk menabungkan hasil jualannya. "Kalau bank-bak lain cuma empat sampai lima persen, jadi kami percaya karena orang itu juga langsung turun ke pajak (pasar)," ujarnya lirih.

Nasabah lainnya, Reza mengaku sudah mendatangi kantor BMT Amanah Ray cabang Jalan Sutrisno namun kondisi kantor sudah tidak beroperasi lagi. "Sudah seminggu lalu saya datangi kantor itu tapi udah tutup, makanya ini kami buat laporan ke sini," katanya.

Salah seorang karyawan BMT Amanah Ray cabang Jalan Sutrisno Medan, GL, juga mengaku kehilangan uang senilai Rp20 juta. "Kalau digabungin semuanya uang nasabah sama karyawan lebih lah dari Rp30 miliar yang hilang," ungkapnya.

Ia mengaku sudah mendatangi rumah Direktur BMT Amanah Ray Rusdiono, namun kondisi rumah tersebut sudah kosong. Tidak hanya itu, nomor telepon (HP) Rusdiono juga tidak bisa dihubungi.

"Tadi malam aku sengaja datang jam 12.00 malam, tapi enggak ada juga orangnya," katanya. GL mengatakan, ada tujuh cabang kantor BMT Amanah Ray antara lain di Jalan Pinang Baris, Jalan Sutrisno, Pakam Deli Tua, Setia Budi, Marelan dan Binjai.

Saat ini ketujuh kantor cabang tersebut sudah tutup dan tidak beroperasi lagi. Para pimpinan kantor cabang tersebut juga tidak bisa dihubungi. Hingga sore kemarin, puluhan nasabah dan karyawan BMT Amanah Ray masih berada di Mako Polrestabes Medan. (ANT/DOH)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px