Log in

Del Piero Cari Pesepak Bola Berbakat di Sumut

Alessandro Del Piero saat memberikan keterangan pers terkait kedatngannya ke Kota Medan, Kamis (17/5). andalas|siong Alessandro Del Piero saat memberikan keterangan pers terkait kedatngannya ke Kota Medan, Kamis (17/5). andalas|siong

Legenda hidup pesepak bola ltalla, Alessandro Del Piero menapakkan kakinya di Kota Medan, Kamis (17/5). Selama di ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Del Piero akan mencari pemain berbakat untuk dibina menjadi pemain profesional di Belgia.

Tak hanya itu, Del Piero yang akrab dipanggil Ale itu juga akan menjalani rangkaian kegiatan di Medan hingga Jumat (18/5). Mulai dari coaching clinic, talent scouting, fun football, meet and greet, dan ftmd raising for Sinabung.

Pemain yang turut mengantarkan ltalia juara Piala Dunia 2006 itu juga akan terlibat langsung dalam Meet and Great sekaligus pengumpulan dana (fund rising) untuk korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Kedatangan Ale ke Medan tersebut, merupakan inisiator Presiden Klub Pro Duta FC, Sihar Sitorus.

"Saya tahu Medan dan Sumut karena di Seri A ada pemain kelahiran Sumut, Radja Nainggolan. Saya ingin lihat langsung potensi pesepak bola di Sumut yang saya yakin banyak memiliki bakat-bakat hebat seperti Radja," ujar Ale.

Pencarian pemain berbakat ini sebelumnya telah dilakukan di Papua dan Maluku. Dan, kali ini giliran anak-anak Sumut yang bertalenta di bidang sepak bola untuk unjuk gigi mengolah si kulit bundar guna dibina dan dijadikan pemain profesional ke depannya di Belgia.

"Sepak bola Sumut dikenal dengan rap-rap. Bagus kalau gaya permainan itu dijaga dan dikombinasikan dengan main cepat," jelasnya.

Del Piero juga memuji gairah sepak bola di Tanah Air. Ia menilai jika sepak bola Indonesia punya potensi besar dan dukungan suporter yang luar biasa.

"Saya pernah merasakannya saat datang ke Jakarta bersama Calcio Legend,” papar Ale yang turut mengantarkan Juventus juara Serie-A enam kali.

Tak hanya itu. Kehadiran Del Piero yang aktif dalam bidang kemanusiaan juga terpanggil untuk turut merasakan dan membantu korban erupsi Gunung Sinabung yang meletus sejak 2010 dan terakhir erupsi 6 April 2018.

Ia sangat senang bisa ambil bagian dalam aksi pengumpulan dana untuk korban Sinabung. Setelah pensiun dari lapangan hijau, Del Piero memang aktif dalam sejumlah kegiataan kemanusiaan.

Pemain yang dijuluki "Il Pinturicchio" itu mendirikan sebuah yayasan bernama ADPIO, yang diambil dari nama dan nomor punggungnya saat aktif bermain untuk Juventus.

Ale juga beberapa kali berkontribusi di kegiatan amal. “Sepak bola adalah kemanusiaan. Football is humanity. Saya senang bisa ikut membantu," kata Del Piero.

Sementara itu Sihar Sitorus menyambut gembira kedatangan Del Piero di Medan. Ia bahkan akan menemani Del Piero selama berada di Medan. Sihar adalah salah satu tokoh yang peduli dengan kemajuan sepak bola di Sumut. Selain membangun klub Pro Duta FC, Sihar pernah menjadi CEO PSMS Medan 2008-2009. Tak hanya itu, Sihar juga pemah menjabat Exco PSSI.

Sihar berharap kehadiran Del Piero selama dua hari di Medan memberikan motivasi dan determinasi bagi anak-anak yang memiliki bakat dan pesepak bola profesional asal Sumatera Utara terus berkiprah dan mengharumkan nama daerah dan bangsa.

"Kepedulian dan sikap saling asah, asih, asuh itu penting. Del Piero sudah mencontohkan. Dia menginspirasi banyak pihak untuk memberikan perhatian lebih kepada anak-anak tidak mampu dan penyandang disabilitas," ujar Sinar.

"Untuk pendidikan, kesehatan, dan banyak hal dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Apa yang dilakukannya bisa kita jadikan pelajaran untuk Indonesia dan di Sumatera Utara khususnya," pungkas Sihar. (SIONG)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 11 Dec 2018 27°C 22°C
  • 12 Dec 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px