Log in
BPKD_Pemkab_Aceh_Selatan.jpg

Corona Terus Mengintai, Pasien Positif di Sumut Meningkat

Aris Yudhariansyah Aris Yudhariansyah

Medan-andalas Jumlah kasus pasien positif virus corona (Covid-19) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), terus meningkat tajam. Berdasarkan update data yang diperoleh dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut, tercatat sebanyak 38 pasien kembali dinyatakan positif melalui hasil pemeriksaan PCR, Jumat (29/5) petang.

Juru Bicara GTPP Covid-19 dr Aris Yudhariansyah mengatakan, hingga saat ini kasus pasien Covid-19 di Sumatera Utara telah meningkat hingga menembus angka 400 orang. Hari sebelumnya, pasien positif Covid-19 masih sebanyak 362 orang.

"Hari ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Dalam sehari terdapat 38 pasien yang dinyatakan positif," kata Aris Yudhariansyah kepada wartawan.

Sedangkan untuk pasien yang sembuh, ungkap Aris, sama sekali tidak terjadi perubahan yakni tetap di angka 118 orang. Begitu juga untuk yang meninggal, angkanya juga stagnan sebanyak 37 orang.

"Begitu juga untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap di angka 137 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) tetap di angka 311 orang,"sebutnya.

Selain itu, Aris menerangkan, bahwasanya hari ini 29 Mei merupakan hari terakhir masa tanggap darurat Covid-19 di Provinsi Sumut. Karenanya, mulai, Sabtu (30/5) Provinsi Sumut akan mengikuti kebijakan yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Kita (akan) ikut kebijakan nasional. Jadi tanggap darurat itu sekarang diputuskan oleh pusat. Apa status nasional, itu lah status daerah semua,"jelasnya.

Oleh karena itu, Aris menyampaikan, sekarang ini Gubernur, maupun Bupati dan Wali Kota tidak lagi menetapkan status wilayah untuk Covid-19 ini. "Semuanya, harus merujuk pada apa yang ditetapkan dari pemerintah pusat,"ujarnya. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C