Log in
BPKD_Pemkab_Aceh_Selatan.jpg

Bupati Karo Ajak Masyarakat Jadikan Protokol Kesehatan Sebagai Budaya Baru

 Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela menerima tamunya dari Denpom 1/2 Sibolga meminta semua pihak menjadikan Protokol Kesehatan sebagai budaya baru dalam kehidupan sehari hari. Andalas/robert tarigan Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela menerima tamunya dari Denpom 1/2 Sibolga meminta semua pihak menjadikan Protokol Kesehatan sebagai budaya baru dalam kehidupan sehari hari. Andalas/robert tarigan

Kabanjahe-andalas Disiplin individu dalam mematuhi protokol kesehatan sangatlah penting. Namun, disiplin kolektif jauh lebih penting lagi untuk diterapkan. Tanpa disiplin kelompok, disiplin per individu yang telah dipraktikkan dalam mematuhi protokol kesehatan akan menjadi sia-sia. Dalam konteks inilah semangat solidaritas dan kebersamaan berperan krusial.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH untuk kesekian kalinya kembali menekankan pesan mengenai pentingnya menegakkan kedisiplinan kuat dalam mematuhi protokol kesehatan itu. Protokol kesehatan yang dimaksud ialah tetap disiplin berada di rumah, menjaga jarak aman dengan orang lain, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, tidak menyentuh wajah, dan mengenakan masker saat keluar rumah.

Hal itu dikatakan Bupati Karo, Terkelin Brahmana, Selasa (2/06/2020) siang di sela kegiatan di ruang kerjanya, Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting, Kabanjahe. Harus kita tekankan kembali, imbuh Terkelin Brahmana, bahwa Covid-19 merupakan virus yang sangat mudah menyebar dan tidak terlihat dengan mata.

“Untuk menghentikan wabah ini, satu-satunya jalan yang harus ditempuh ialah memutus mata rantai penyebaran agar penularan virus itu dapat dihentikan. Penghentian total tersebut hanya dapat dicapai dengan penerapan physical distancing dan penegakan protokol kesehatan dengan disiplin,” kata Bupati Karo.

Kedisiplinan Jalankan Protokol Kesehatan 'Vaksin' Cegah Penularan

Menurut Bupati Terkelin Brahmana, baik pemerintah maupun masyarakat harus sama-sama taat dan disiplin untuk terus menjalankan protokol kesehatan Covid-19. “Karenanya, kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan itu menjadi 'vaksin' khusus untuk mencegah penularan,” tutur Bupati Karo.

Kita perlu meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat. Kita semua paham keadaan saat ini adalah kedaruratan kesehatan masyarakat dan terutama virus ini melalui droplets, maka dari itu dipastikan bahwa kita harus menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. “Dan perilaku ini harus dilakukan secara baik oleh individu maupun secara bersama-sama secara kolektif,”ujarnya.

Ancaman bahaya Virus Corona ada di depan kita, jangan lengah, terus mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan disiplin dalam rangka pencegahan Covid-19. "Kita harus mampu membumikan protokol kesehatan sebagai budaya baru kehidupan sehari-hari, dan tetap meningkatkan kewaspadaan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,"pintanya.

Pemerintah Kabupaten Karo dan Satgas Gugus Tugas tetap melakukan kordinasi berjenjang ke Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat melalui live video conference untuk mendapat informasi terkini terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 dan menyampaikan hambatan-hambatan yang dialami di lapangan untuk dicarikan solusinya.

"Mari kita satukan langkah dan tindakan untuk “Bersatu melawan Covid-19” baik unsur ASN, TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat dengan meningkatkan disiplin diri mematuhi anjuran protokol kesehatan,"ajak Terkelin Brahmana. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C