Logo
Print this page

Bulog Aceh: Persediaan Beras Cukup


Banda Aceh-andalas Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Aceh menyatakan persediaan beras di gudang perusahaan tersebut mencapai 27.500 ton atau cukup hingga lima bulan mendatang.

"Persediaan beras yang tersimpan di gudang Perum Bulog Aceh sangat aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk hingga awal musim panen 2019," kata Kadivre Bulog Aceh, Basirun di Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (5/12).

Di sela-sela peluncuran pasar murah dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman Kantor Camat Blang Bintang Aceh Besar oleh Kadisperindag Aceh, M Raudhi, Basirun menjelaskan pihaknya terus berupaya dan memastikan seluruh persediaan tersedia dengan cukup guna memenuhi permintaan masyarakat di pasaran.

Menurut dia, kebutuhan beras Perum Bulog Aceh setiap bulannya sekitar lima ribu ton yang salah satunya diperuntukkan bagi Bansos Rastra, kebencanaan dan program lainnya.

Pihaknya berharap masyarakat di provinsi ujung paling Barat Indonesia tersebut tidak perlu khawatir sebab persediaan beras yang ada saat ini sangat aman dan cukup untuk memenuhi permintaan pasar.

"Kami juga akan melakukan operasi pasar dalam upaya menstabilkan harga beras yang akan dilakukan sesuai kebutuhan dan juga berkoordinasi dengan instansi terkait," katanya.

Ia menyebutkan perusahaan plat merah tersebut telah mengelontorkan sebanyak 11.580 ton beras dalam operasi pasar yang digelar di provinsi ujung paling barat Indonesia.

"Salah satu tujuan dari operasi pasar yang digelar ini adalah untuk menstabilkan harga beras di pasaran sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan persediaan beras," katanya.

Pasar Murah
Sementara itu, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivisi Regional Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, mendistribusikan 11 ton beras premium untuk pasar murah di empat kabupaten wilayah kerjanya.

Kepala Perum Bulog Meulaboh, Ade Mulyani, di Meulaboh, Rabu, mengatakan, kegiatan pasar murah berlangsung selama empat hari yakni sejak 5-8 Desember 2018 dengan titik lokasi sesuai penunjukkan masig-masing pemda.

"Pasar murah ini dalam rangka menjaga stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok masyarakat menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah/2018 Masehi. Sub Divre Meulaboh melakukan serentak hari ini di empat kabupaten," katanya.

Ia berkata, penyelenggaraan pasar murah tersebut merupakan kerja sama dengan Dinas Perdagangan Aceh, dan Disperindag Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan Simeulue.

Jumlah komoditas pada kegiatan akhir tahun 2018 itu, adalah beras premium 11 ton, gula pasir 8 ton, minyak goreng 8.000 liter, tepung terigu 2 ton dan telur 39.209 butir.

Harga beras premium adalah Rp95.000/zak isi 15 kg, gula pasir Rp10.000/kg, minyak goreng Rp10.000/liter, tepung terigu Rp6.000/kg, dan telur Rp36.000/papan (isi 30 butir).

Pasar murah dikosentrasikan di tempat keramaian atau pasar tingkat kecamatan, dengan demikian akan terbantu masyarakat yang saat ini berkebutuhan tinggi terhadap bahan pokok untuk perayaan maulid.

Lebih lanjut disampaikan, dalam perkembangan harga bahan pokok kebutuhan masyarakat di pasar wilayah kerja Bulog Meulaboh belum begitu bergejolak, bahkan cenderung stabil, kenaikan harga hanya terjadi pada komoditas telur ayam buras.

Ade Mulyani, menyampaikan, selain menggelar pasar murah yang merupakan program Disperindag Aceh pihaknya tetap melaksanakan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga bahan pokok masyarakat sampai akhir tahun 2018. (ANT)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com