Log in

Bayi Usus di Luar Asal Palas Meninggal

Bayi jenis perempuan dengan kondisi usus di luar meninggal dunia di RSUP Adam Malik Medan, kemarin. andalas|ist Bayi jenis perempuan dengan kondisi usus di luar meninggal dunia di RSUP Adam Malik Medan, kemarin. andalas|ist

Medan-andalas Bayi perempuan dengan usus di luar, terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan Padang Lawas, Minggu (7/5) pukul 22.29 WIB. Namun malang, meski telah mendapatkan perawatan intensif, nyawanya tidak dapat  diselamatkan.

Kasubag Humas RSUP Haji Adam Malik, Masahadat Ginting mengatakan, bayi tersebut diketahui atas nama bayi Nurromayanti Nasution. Setelah sempat dirawat secara intensif lebih kurang lima jam, akhirnya meninggal dunia, Senin (8/5) pukul 03.00 WIB.

"Pasien masuk IGD (Instalasi Gawat Darurat) RS Adam Malik rujukan dari RSUD Sibuhuan Padang Lawas. Namun, setelah mendapat penanganan intensif awal, nyawanya tak tertolong," terangnya, Senin (8/5).

Masahadat menjelaskan, keadaan umum si bayi pada saat masuk memang tidak stabil. Saatdi IGD, telah dilakukan pemeriksaaan laboratorium, pasang selang NGT, kateter dan diberikan infus.

"Akan tetapi karena kondisi jelek, ia tidak dapat tertolong lagi," katasnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Bambang Prabowo MKes mengatakan, bayi malang itu berasal dari Desa Bulusonik, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Bayi tersebut masuk ke IGD berusia dua hari.

"Berat badan lahirnya 2,3 kg dengan kondisi pasien lemah, tampak usus di luar, Oro Gastric Tube (OGT) terpasang, infus dari luar terpasang, menangis lemah, frekuensi Pernafasan atau Respiration Rate (RR) 40x/menit," terangnya.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP Haji Adam Malik, dr Mardianto SpPD mengakui, bahwasanya bayi tersebut sudah meninggal sebelum sempat dibawa ke ruangan. Begitu juga saat masuk kondisi bayi dalam keadaan jelek. Ia juga mengatakan, penanganan yang diberikan RSUP Haji Adam Maljk sudah sesuai prosedur daruratnya.

"Teknisnya penanganan sesuai kedaruratnya, dan tidak hanya infus aja, melainkan termasuk obat-obatan dan lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, bayi usus di luar itu dirujuk dari oleh pihak RSUD Sibuhuan, Kabupaten Palas, Minggu (7/5) sekira pukul 11.00 WIB.

“Sesuai informasi yang kami terima dari  Rumah Sakit  Adam Malik Medan, bayi telah meninggal dunia Senin pagi,” kata Direktur RSUD Sibuhuan dr Elni Rubianti Daulay di Sibuhuan, Senin (8/5).

Bayi itu dilahirkan, Sabtu malam ( 6/5) sekira pukul 21.00 WIB di Puskesamas Sibuhuan. Karena kondisinya yang demikain, anak pertama dari Nurromayanti Nasution ini dirujuk pihak puskesmas  ke RSUD Sibuhuan.

dr Rudi Alfi SpB  yang menangani perawatan bayi malang itu menyatakan, kondisi bayi mengalami konggenital dengan jenis penyakit Gastro Shizis dengan keadaan usus besar dan kecil terburai di luar bagian perut. “Melihat kondisi bayi ini, harus segera dirujuk ke Rumah Sakit Adam Malik atau Pirngadi Medan,” katanya.

Dan atas arahan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) dan Plt Sekda H Syamsul Anwar Lubis SE, pihak RSUD Sibuhuan kemudian merujuk bayi tersebut ke RSUP Adam Malik Medan. 

“Segala keperluan rujukan untuk rencana operasi bayi usus di luar sepenuhnya dibantu Pemkab Palas melalui RSUD Sibuhuan. Bantuan ambulans dan biaya untuk keluarga bayi telah kita berikan sesuai kebutuhan selama di Medan,” ujar Plt Sekda H Syamsul Anwar Lubis, kemarin. (ISN/YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 26 Sep 2018 29°C 22°C
  • 27 Sep 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px