Log in

Bayi Berkepala Dua Meninggal

Bayi dengan dua kepala saat dirawat di Ruang Rawat Inap Anak dan Perinatologi Rindu B RSUP H Adam Malik Medan. Bayi dengan dua kepala saat dirawat di Ruang Rawat Inap Anak dan Perinatologi Rindu B RSUP H Adam Malik Medan.

Medan-andalas Bayi dengan dua kepala yang dirawat di Ruang Rawat Inap Anak dan Perinatologi Rindu B Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan meninggal dunia pada pukul 16.00 WIB, Sabtu (6/5).

Bayi kembar siam berkepala dua (bayi Desi Maya Sari) menjalani perawatan sejak akhir Maret 2017 lalu. Sedangkan bayi kembar siam dempet perut kondisinya semakin baik.

Sekretaris Tim Medis yang menangani dua pasang bayi kembar siam, dr Rizky Adriansyah SpA (K) membenarkan satu pasang bayi kembar siam tersebut meninggal dunia pukul 16.10 WIB. Penyebab meninggalnya karena sesak nafas memberat disebabkan penyakit jantung bawaan kompleks yang dialaminya.

"Penyebab kematian gagal sistem organ multipel. Selama perawatan, sudah diberikan terapi yang optimal seperti oksigen, pemberian antibiotik, menjaga suhu tubuh stabil, dan lainnya," jelas dr Rizky kepada wartawan via WA di Medan, Sabtu (6/5) malam.

Sebelumnya, dr Rizky mengatakan, bayi berkepala dua ini sempat mengalami penurunan berat badan kemungkinan saja dikarenakan pada salah satu bayi mengalami kelainan jantung.

Penurunan ini menurutnya juga tidak terlalu berpengaruh. "Kalau berat badan menurun dalam satu bulan pertama, itu boleh saja terjadi. Penurunan juga tidak bermakna," katanya.

Sedangkan kondisi bayi kembar siam dempet di perut semakin baik, seperti asupan minum baik, menghisap kuat, gerakan motorik kedua bayi aktif, tidak ada demam, dan berat badan naik. "Kondisi satu pasang bayi kembar siam dempet di perut, Alhamdulillah masih baik," terangnya.

Namun, lanjutnya, masih memerlukan waktu yang lama untuk dilakukannya pemisahan terhadap bayi kembar siam dempet perut. Pemisahan baru bisa dilakukan pada usia 3 bulan hingga 1 tahun. "Itupun harus dibicarakan serta dilihat dulu kondisi si bayi," ujarnya. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 28°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px