Log in

Baskami Ginting Merasa Dihempang Jadi Ketua DPRDSU


Disingkirkan dari Kepengurusan PDIP Sumut

Medan-andalas Riak-riak ketidakpuasan dari kalangan internal partai pascapengumuman nama-nama pengurus DPD PDIP Sumatera Utara (Sumut) hasil Konferensei Daerah (Konferda) V, Sabtu (20/7), mulai mengemuka. Salah seorang di antaranya Baskami Ginting yang tergusur dari struktur kepengurusan baru.

Padahal, nama Baskami digadang-gadang menjadi calon kuat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) periode 2019-2024. Namun karena namanya tidak masuk struktur, maka sesuai aturan internal partai, peluang Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut ini menjadi pimpinan dewan tertutup sudah.

Baskami mengatakan, dari 23 nama pengurus baru yang terpilih, banyak di antaranya merupakan wajah baru yang belum cukup dikenal. Ini menandakan bahwa arah penguatan partai di masa depan tidak jelas.

"Ini kan bukan pengurus setingkat PAC (kecamatan), harusnya yang dipilih adalah orang-orang yang sudah dikenal, bukan seperti sekarang," ungkap Baskami di Medan, Minggu (21/7).

Baskami yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua DPD PDIP Sumut membeberkan, di antara sosok pengurus terpilih ada di antaranya yang sudah "dibuang" di tingkat cabang (DPC) tetapi justru dipakai di DPD. Hal ini dianggap kontroversial. Seakan-akan tidak ada figur kader yang lebih baik, sehingga "orang buangan" didudukkan di dalam struktur.

Sementara sejumlah bekas pengurus lama yang kembali terpilih jadi anggota DPRD Sumut justru tidak dipakai atau tidak didudukkan menjadi pengurus. Seperti dirinya sendiri dan Ruben Tarigan yang tak lain adalah Wakil Ketua DPRD Sumut.

"Saya merasa disingkirkan, kenapa kok orang yang terpilih lagi jadi anggota DPRD Sumut seperti saya dan Ruben Tarigan tidak diikutkan jadi pengurus," tegas Baskami.

Lebih jauh dia menyatakan bahwa penyingkiran dirinya dan Ruben dari struktur kepengurusan baru adalah untuk menghilangkan kesempatan mereka dipilih menjadi Ketua DPRD Sumut periode 2019-2024.

Ketua DPD PDIP Sumut, Japorman Saragih, yang dihubungi melalui sambungan telepon membantah pernyataan Baskami. Katanya, nama-nama baru yang belum cukup dikenal yang dimasukkan ke dalam struktur kepengurusan adalah dalam rangka regenerasi.

Soal adanya figur pengurus terbuang dari DPC tetapi kemudian dipakai di DPD, dijawabnya bahwa hal itu karena keterbatasan jumlah pengurus yang bisa dipilih.

"Ini kan kapalnya kecil, terbatas jumlahnya yang bisa jadi pengurus. Kalau muat banyak pasti kita masukkan," ujar Japorman yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Sumut.

Tentang tuduhan menyingkirkan Baskami Ginting dan Ruben Tarigan dari kepengurusan sehingga menghilangkan kesempatan keduanya terpilih jadi Ketua DPRD Sumut 2019-2024, dibantahnya tegas. Sebagai kader partai, pengabdiannya ada di berbagai tempat. Tidak harus jadi pengurus DPD. Bisa di tempat lain, seperti lembaga legislatif.

"Tidak ada hubungannya antara duduk sebagai pengurus DPD dengan kesempatan jadi Ketua DPRD, itu dua hal terpisah. Walau tak jadi pengurus mereka masih bisa jadi Ketua DPRD. Keputusan ada di DPP, ada penilaian tersendiri untuk itu," ungkap Japorman.

Dia membenarkan bahwa ada ketentuan bahwa pengurus partai bakal terpilih jadi Ketua DPRD. Akan tetapi karena Sumatera Utara merupakan daerah berkualifikasi "A", ada penilaian lain tentang siapa yang bakal terpilih. "Semua 19 anggota DPRD Sumut terpilih berkesempatan jadi Ketua DPRD Sumut," paparnya.

Duet Japorman-Soetarto
Sebelumnya, duet Japorman Saragih dan Soetarto kembali dipercaya menjadi Ketua dan Sekretaris DPD PDIP Sumut periode 2019-2024. Keputusan itu didapat berdasarkan Konferda V di Hotel Santika, Medan, Sabtu (20/7).

Sutrisno Pangaribuan, Baskami Ginting, Ruben Tarigan, Henry Jhon Hutagalung tidak masuk ke dalam kepengurusan periode lima tahun ke depan.

Ada nama-nama baru masuk menggantikan wajah lama seperti Thema Laoly (putra Menkumham Yassona Laoly) dan Meryl Rouli Saragih (Putri Japorman Saragih).
Berikut daftar lengkap kepengurusan DPD PDIP Sumut
1. Ketua : Japorman Saragih
2. Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai : Ottoniyer MP Simanjuntak
3. Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi : Samulya Indra
4. Wakil Ketua Bidang Organisasi : Akhyar Nasution
5. Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu : Mangapul Purba
6. Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik : Aswan Jaya
7. Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan : Alamsyah Hamdani
8. Wakil Ketua Bidang Ekonomi : Djodjor LR Tambunan
9. Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan : Syahril Ependi Siregar
10. Wakil Ketua Bidang Maritim : Irwan Tavip Turnip
11. Wakil Ketua Bidang Buruh : Sarma Hutajulu
12. Wakil Ketua Bidang Tani : Dame Hanna Yustina L Tobing
13. Wakil Ketua Bidang Nelayan : Darmawansyah Sembiring
14. Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak : Meinarty Rehulina Bangun
15. Wakil Ketua Bidang Pemuda : Brilian Moktar
16. Wakil Ketua Bidang Komunikasi Seni Budaya : Seri Kamila Parinduri
17. Wakil Ketua Bidang Pariwisata : Rapidin Simbolon
18. Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif : Thema Laoly
19. Sekretaris : Sutarto
20. Wakil Sekretaris Internal : Bima Nusa
21. Wakil Sekretaris Eksternal : Meryl Rouly Saragih
22. Bendahara : Meriatha Sitepu
23. Wakil Bendahara : Hendry Dumanter Tampubolon
"Ada 10 orang wajah baru di struktur kepengurusan periode 2019-2024," ujar Sekretaris DPD PDIP Sumut, Sutarto. (MBD/DOH)


22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px