Log in

Barcelona vs Real Madrid, Pembuktian Siapa Terbaik


Pertarungan antardua klub raksasa Spanyol Barcelona FC dan Real Madrid di leg pertama Piala Super Spanyol 2017 di Camp Nou, Barcelona pada Minggu (13/8) atau Senin (14/8), yang akan disiarkan oleh TV One pukul 03.00 WIB, seperti perang pembebasan bangsa Catalunya dan Castila, yang menjadi gambaran umum dari perang saudara Spanyol.

Selama era kediktatoran Miguel Primo de Rivera dan terutama Francisco Franco (1939-1975), semua budaya regional ditekan. Semua bahasa daerah yang dipakai di wilayah Spanyol, kecuali bahasa Spanyol (Castilla), secara resmi dilarang.

Simbolisasi keinginan rakyat untuk kebebasan Catalunya membuat Barcelona menjadi "lebih dari sekadar klub sepak bola" (més que un club) untuk masyarakat Catalan.

Menurut Manuel Vázquez Montalbán, cara terbaik untuk orang Catalan untuk menunjukkan identitas mereka adalah dengan bergabung dengan Barcelona. Hal ini lebih kecil risikonya daripada bergabung dengan gerakan anti-Franco, dan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan ketidakpuasan mereka.

Di sisi lain, Real Madrid secara luas dilihat sebagai perwujudan dari sentralisme berdaulat dan rezim fasis di tingkat manajemen dan di bawahnya. Santiago Bernabeu yang menjadi presiden klub merupakan seorang pejuang untuk los nacionales. Namun, selama Perang Saudara Spanyol, anggota kedua klub seperti Josep Sunyol (Barcelona) dan Rafael Sánchez Guerra (Real Madrid) menyerah di tangan para pendukung Franco. Persaingan tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia olahraga.

Kini, nuansa sejarah 'perang saudara' tetap terasa dalam embel-embel El Clasico, seperti tertuang dalam "Castilian Oppression v Catalan Nationalism "El Gran Classico" Footballblog.co.uk. 2 September 2009. Pada 8 Mei 2015, dalam tulisan Barca, the Most Loved club in the world dan Barcelona becomes first team to have 50 milion facebook fans yang ditulis Mike Ozanian di Forbes, juga dijelaskan.

Persaingan terjadi karena Madrid dan Barcelona adalah dua kota terbesar di Spanyol, dan kadang-kadang mereka dikenali dengan posisi politik yang berlawanan, dengan Real Madrid dipandang mewakili nasionalisme Spanyol dan Barcelona dipandang sebagai nasionalisme Catalan. Persaingan tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia olahraga.

Ditambah lagi, fakta terakhir, saat kedua rival bertemu di Piala Champions Internasional di Amerika Serikat pada Juli 2017 dan Barca meraih kemenangan 3-2. Namun, Real Madrid dalam dua tahun terakhir membukukan prestasi menakjubkan dibanding Barcelona. Dalam tempo itu mereka meraup dua kali juara Liga Champions dan UEFA Super Cup [Piala SUper Eropa] plus juara Liga Spanyol. Ditambah, Barca harus ditinggal Neymar ke Paris Saint Germain membuat kekuatan Barcelona diprediksi sedikit turun.

Madrid Diunggulkan?
Jika merujuk pada bursa taruhan http://www.football-bookmakers.com Barcelona sedikit diragukan. Rasionya 10/11, Real Madrid 5/2 dan seri di 16/5. Adapun Lionel Messi difavoritkan bakal mencetak gol dengan 5/6 bet 365 Luis Suarez di 10/11. Ronaldo dibanderol dengan harga 11/10 di pasar pencetak gol, Karim Benzema pada 15/8, dan Gareth Bale pada 9/4.

Kehilangan Neymar, benar-benar membuat pertarungan ini ujian kekuatan Barcelona. Namun, bagi Real Madrid, diprediksi sulit dikendalikan. Real Madrid mengumpulkan kemenangan 2-1 atas Manchester United di Piala Super UEFA pada Selasa lalu dan semuanya terlihat mudah bagi mereka. Mereka tampak apik dan tajam meski tidak menurunkan Cristiano Ronaldo sampai sepuluh menit terakhir. Namun, bola itu bundar. Juara Piala Super Spanyol bukti siapa paling terbaik di Spanyol.

Saling Berjumpa
Dua pekan lalu, Barca dan Madrid sudah saling berjumpa pada laga pramusim di Amerika Serikat. Pada 30 Juli kemarin, Barca menang tipis dengan skor 3-2. Tapi, laga ini tentu saja sudah tidak bisa lagi dijadikan acuan karena hanya di level pramusim.

Pada laga tandangnya ke Camp Nou, Madrid punya modal yang apik. Pasukan Zinedine Zidane baru saja merengkuh Piala Super Eropa dengan mengalahkan Manchester United. Namun, hal ini juga bisa jadi bencana jika Madrid justru kelelahan karena jadwal yang padat di awal musim.

Madrid di laga ini juga dipastikan tidak bisa menampilkan dinamo lini tengahnya, Luka Modric karena akumulasi kartu. Tanpa Modric, Isco akan jadi andalan untuk bermain bersama Casemiro dan Toni Kroos di lini tengah.

Isco layak bermain karena baru saja tampil bagus lawan United dan jadi pemain terbaik di final Super Eropa. Menggeser Isco ke lini tengah, maka Zidane punya satu ruang di lini depan. Cristiano Ronaldo yang mulai fit bisa masuk dan tampil sejak awal. Trio BBC pun bisa diandalkan di lini depan.

Sementara, di saat Madrid berjibaku lawan United, Barca melakukan pemanasan dengan melawan klub Brasil, Chapecoense. Pasukan Ernesto Valverde pun menang dengan skor 5-0. Barca memberi bukti tetap bisa tampil produktif meski tanpa seorang Neymar.

Pada laga ini, Barca akan banyak berharap pada sosok Ivan Rakitic. Pemain asal Kroasia ini akan bertarung untuk bisa mematikan lini tengah Madrid. Selain itu, mantan pemain Sevilla juga diharap bisa lebih aktif menyerang untuk menutup lubang yang ditinggalkan Neymar.

Selain itu, laga ini juga akan jadi ujian pertama bagi pelatih baru Barca, Valverde. Mantan pelatih Athletic Bilbao ini akan menjalani debutnya di laga kompetitif sebagai pelatih Barca. Mampukah Valverde mencatat tinta emas di laga debutnya bersama Barca?. (BIS/BN)

Perdiksi Susunan Pemain:
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Jordi Alba, Umtiti, Gerard Pique, Somedo; Ivan Rakitic, Busquets, Andres Iniesta; Deulofeu, Luis Suarez, Lionel Messi.
Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas; Dani Carvajal, Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Toni Kroos, Casemiro, Isco; Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

Head to Head:
30/07/17 Real Madrid 2 - 3 Barcelona
23/04/17 Real Madrid 2 - 3 Barcelona
03/12/16 Barcelona 1 - 1 Real Madrid
02/04/16 Barcelona 1 - 2 Real Madrid
21/11/15 Real Madrid 0 - 4 Barcelona

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

31°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 67%

Wind: 11.27 km/h

  • 24 Aug 2017 31°C 22°C
  • 25 Aug 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px