Log in

Banjir Bandang Terjang Desa Ambarita

Sungai di Binanga Tambun Dusun 3 Pasar Dolok yang meluap dan membawa lumpur usai menerjang Desa Ambarita. andalas/hotdonnaibaho Sungai di Binanga Tambun Dusun 3 Pasar Dolok yang meluap dan membawa lumpur usai menerjang Desa Ambarita. andalas/hotdonnaibaho

Samosir-andalas Banjir bandang menerjang Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Kamis (13/12). Tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. Namun sejumlah perladangan warga rusak.

Selain itu, enam ruangan kelas SMAN 1 Ambarita dan tiga rumah warga juga digenangi lumpur yang cukup tebal dari sisa banjir bandang tersebut.

Informasi yang dihimpun andalas menyebutkan, banjir bandang ini terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah Ambarita sekitarnya sehingga menyebabkan salah satu sungai (Binanga Tambun, Dusun III Pasar Dolok) meluap dan membawa lumpur.

Menurut warga sungai yang meluap tersebut merupakan sungai yang mengalir musiman di saat hujan sehingga warga tidak menduga sungai ini membawa bahan material lumpur yang merusak kebun dan rumah warga serta fasilitas sekolah.

Pemkab Samosir dengan cepat dan tanggap telah melakukan penanganan terhadap dampak banjir bandang yang dialami masyarakat Desa Ambarita tersebut.

Tim Pemkab Samosir langsung turun ke lapangan memonitoring lokasi bencana di bawah koordinasi Asisten I Mangihut Sinaga, Kadis PUPR Pantas Samosir, Kepala BPBD Mahler Tamba, dan Kabid Kominfo Ricky Rumapea beserta staf.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Samosir melalui Camat Simanindo langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir bandang.

Untuk menormalisasi sungai, Asisten I Pemkab Samosir Mangihut Sinaga langsung mengoordinasikan Dinas PUPR setempat untuk menurunkan alat berat agar aktivitas warga di lokasi yang terdampak banjir bandang dapat berjalan normal kembali. "Semoga saudara kita yang tertimpa musibah dapat terhibur dan melalui doa yang kita salurkan," kata Mangihut. (HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px