Log in

Asintel Kejatisu Akui Peran Pers dalam Penegakan Hukum

Asintel Kejatisu Leo Simanjuntak dan jajarannya diabadikan bersama Pemimpin/Pemred/ Penanggung Jawab Harian Andalas H Baharuddin dan unsur pimpinan redaksi Star Media Group. Asintel Kejatisu Leo Simanjuntak dan jajarannya diabadikan bersama Pemimpin/Pemred/ Penanggung Jawab Harian Andalas H Baharuddin dan unsur pimpinan redaksi Star Media Group.

2,5 Jam Bincang-Bincang dengan Redaksi Star Media Group

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Asintel Kejatisu) Leo Simanjuntak, Rabu petang (11/7) berkunjung ke Kantor Redaksi Star Media Group di Komplek Ruko Griya Riatur, Jalan T Amir Hamzah, Medan. 

Leo datang ke Kantor Redaksi Star Media Group yang menaungi media Harian Andalas, Koran Anti Korupsi (sebelumnya bernama KPKPos-red), dan Starberita.com, dengan membawa serta Kasipenkum Kejatisu Sumanggar Siagian dan jajaran jaksa di bagian intelijen Kejatisu.

Kedatangan mereka diterima langsung Pemimpin Umum Star Media Group H Baharuddin didampingi Redaktur Pelaksana Harian Andalas Gusliadi Ritonga, Wakil Pemimpin Redaksi Koran Anti Korupsi H Benny Yuswar, Pemimpin Redaksi Starberita.com Satriadi, serta Redaktur Ekonomi dan Aceh Harian Andalas Hamdani Nasution.

Dalam bincang-bincang selama 2,5 jam lebih dengan Redaksi Star Media Group itu, Leo menceritakan banyak hal, mulai dari pengalaman pribadinya saat baru bertugas di Medan, hingga terkait tugas-tugas dan berbagai program yang akan dijalankannya sebagai Asintel Kejatisu.

Meski dirinya asli putra daerah yang lahir di Balige dan semasa kecil sempat bersekolah di Medan, Leo mengaku sempat kaget dengan karakter, gaya sikap, dan kultur masyarakat Sumut, saat dirinya kembali ke kampung halaman setelah puluhan tahun 'melanglang buana.'

Dalam bincang-bincang yang berlangsung akrab itu Leo mengakui selama berkarier di Korps Adhyaksa, dia melihat bahwa pers memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung upaya penegakan hukum, khususnya yang dilaksanakan oleh Kejaksaan.

"Pers itu memiliki peranan penting sebagai corong penyampai informasi ke tengah masyarakat. Kami (Kejaksaan) sangat membutuhkan media. Karena pers itu adalah mitra kerja kita, kita sangat membutuhkannya," ungkap Leo Simanjuntak.

Karenanya dia berharap pers khususnya Star Media Group yang menaungi Harian Andalas, Koran Anti Korupsi, dan Starberita.com dapat terus memberikan dukungan penuh terhadap upaya penegakan hukum, terutama terkait di bidang intelijen di lingkungan Kejatisu.

"Saya berharap dan meminta dukungan penuh agar kami atau bidang intelijen terutama bisa saling bersinergi dalam hal pemberitaan dan upaya penegakan hukum, sehingga terbangun kebersamaan yang baik untuk kemajuan pembangunan," pintanya.

Leo menyadari tugas barunya sebagai Asintel Kejatisu tidaklah mudah. Terlebih Medan atau Provinsi Sumut adalah barometer dari keberhasilan atau kegagalan daerah lain sehingga siapapun yang menjabat di Sumut, bisa dikatakan daerah ini menjadi ujian untuk menapaki tangga karier berikutnya.

"Di sini (Sumut) semua ketua, (kultur) di sini berbeda dengan daerah lainnya. Makanya, kalau boleh minta, saya maunya (bertugas) di Papua, tapi mengingat ini adalah tugas dan tanggung jawab, makanya saya harus bisa membuat perubahan besar di Sumut ini," ungkap Leo.    

Leo yang mengaku pernah ditugaskan di berbagai daerah diantaranya  Papua, Lampung, hingga Tanjung Pinang, mengaku selalu berupaya untuk merangkul insan pers sebagai mitra. Karena dia menyadari wartawan atau media turut banyak membantu dirinya dalam melaksanakan tugas-tugas, khususnya di bidang keintelijenan.

Kerana itu di mana pun dirinya bertugas, termasuk saat ini sebagai Asintel Kejatisu, dirinya juga selalu menekankan kepada seluruh jajarannya untuk merangkul insan pers (media) dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.

"Makanya saya pastikan Kejatisu melalui Kasipenkum agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada media. Kalau Pak Kasipenkum (Sumanggar Siagian) berhalangan telpon saya, pasti akan saya jawab, saya tidak mau memberikan jawaban no coment, karena itu sama saja jawaban yang tak ada solusi," tegas Leo.

Ia menyebutkan salah satu hal yang sangat ingin dilakukannya di Sumut adalah mewujudkan konsep 'cantik' Jaksa Agung Prasetyo terkait mengawal  pembangunan lewat pencegahan korupsi dengan cara merangkul para kepala daerah hingga para kepala dinas lewat program TP4D atau Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah, dan Pembangunan Daerah.

"Rancangan Pak Jaksa Agung sangat cantik, kita harus merangkul para pejabat agar mereka paham dan tidak takut untuk melaksanakan pembangunan, sehingga serapan anggaran berjalan dengan baik. Jadi jaksa hadir sebagai sahabat dan jauh dari kesan menakutkan, ini yang kita kembangkan saat ini, Jaksa Sahabat Masyarakat dan Jaksa Mengawal Uang Rakyat," papar Leo.

Sedangkan di bidang intelijen, Leo mengharapkan adanya informasi- informasi akurat terkait para tersangka, tahanan, atau terpidana kasus Tipikor maupun Tipidum yang DPO atau buron.

"Kalau wartawan bisa membantu kita dalam memberikan informasi terkait DPO, tentu itu sangat baik dan akan sangat membantu kami," ujar Leo sembari  menjelaskan tentang program Tabur (Tangkap Buronan) 31.1 yang dilaksanakan Kejagung dan seluruh jajaran.

Dia menyebutkan, terkait program Tabur 31.1 ini, dirinya menargetkan setiap minggu mampu menangkap satu orang DPO. "Saat ini teman-teman pers juga bisa lihat, kami dalam satu minggu berhasil menangkap satu DPO. Dan hingga saat ini sudah beberapa DPO yang kami tangkap," ujarnya

Sementara itu Baharuddin kepada Asintel Kejatisu mengungkapkan, kalau kedekatan Star Media Group dengan jajaran Kejatisu sudah berlangsung lama. Bahkan sejumlah Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) pernah berkunjung ke Kantor Redaksi Star Media Group.

"Jadi kami sudah terbiasa dengan unsur Kejaksaan sehingga kami merasa Kejaksaan itu bukan sekadar mitra, tetapi juga sahabat," ungkap Baharuddin yang sekaligus merupakan Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Harian Andalas. (AFS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 24 Sep 2018 30°C 23°C
  • 25 Sep 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px