Log in

Anggota LSM Tewas Dikeroyok

Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut, Baskami Ginting Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut, Baskami Ginting

Sidikalang-andalas Dahlan Purba alias Pestol (46)  tewas mengenaskan di depan rumahnya di Pancuran Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi. Peristiwa terjadi Minggu malam (8/9) sekira pukul 23.00 WIB.

Korban yang kesehariannya beraktivitas sebagai anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tewas dikeroyok oleh terduga pelaku yang diperkirakan berjumlah 6 orang yang salah satu di antaranya perempuan.

Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan melalui Kasubbag Humas Ipda Donni Saleh membenarkan kejadian itu. Disebutkan,  malam itu kepolisian menerima informasi peristiwa perkelahian yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Petugas piket dipimpin Ipda Hardi H Sianipar segera turun ke tempat kejadian dan menemukan korban tergeletak  di pinggir jalan dengan kepala berlumur darah dan selanjutnya dievakuasi ke RSUD Sidikalang. Berdasarkan pemeriksaan medis, Dahlan dinyatakan sudah meninggal dunia.

Selang waktu berdekatan,  petugas menerima informasi tentang seorang pria bernama Roy Aritonang (RA) yang menderita luka tembakan senapan angin di kaki sebelah kiri sedang menjalani perawatan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Sidikalang.

Dari keterangan Roy Aritonang, diketahui bahwa luka tembak di kakinya terjadi dalam perkelahian antara kelompoknya kontra korban Dahlan Purba.  Dari pengakuan Roy,  Polisi kemudian berhasil  mengamankan 3 orang terduga pelaku yakni perempuan Medhi Lestari Aritonang, Niko Naibaho, dan Raden Saragi, sementara dua orang lain masing-masing Ranto Saragi dan marga Sihotang masih dalam pencarian.

Motif perkelahian masih diselidiki. Empat orang sudah diamankan termasuk Roy Aritonang yang sedang menjalani perawatan,  sementara dua orang lainnya masih dalam pengejaran Polisi. Sumber lain menyebut, perkelahian berawal dari cekcok di sebuah lapo (warung)  tuak di bilangan Dusun Huta Baru Desa Bintang Mersada Sidikalang.

Pengusaha warung bermarga Saragi yang ditemui wartawan di rumahnya  bersebelahan dengan warung mengaku kurang tahu ikhwal perselisihan. "Tadi malam saya kurang enak badan,  yang jaga warung abang saya, dia sedang keluar rumah," sebutnya.

Namun berdasarkan cerita abangnya,  Saragi kepada wartawan menuturkan, malam itu korban dan terduga pelaku sama-sama minum di warungnya. Saat itu korban diduga menggoda perempuan Medhi. Karena tidak terima digoda, kemudian berbuntut pertengkaran.

Korban Dahlan Purba kemudian pergi meninggalkan warung,  namun tidak berselang lama kembali datang dengan membawa senapan angin. Dari jalan di depan warung,  Dahlan dua kali menembakkan senapan angin ke arah warung.

Setelah menembakkan senapan anginnya,  Dahlan kemudian melarikan diri menaiki sepeda motor yang kemudian disusul terduga pelaku hingga di depan kediaman korban. Perkelahian kemudian terjadi di depan rumah korban hingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Pada perkelahian itu korban sempat menembakkan senapan angin yang mengenai kaki Roy Aritonang, salah seorang terduga pelaku pengeroyokan. Jenazah korban baru tiba dirumah duka sekitar pukul 13.00 WIB disambut histeris keluarga termasuk bunda yang sudah berusia renta.  (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px