Log in

Amien Rais Tidak Lagi Gunakan People Power

Amien Rais Amien Rais

Jakarta – andalas Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais akan melawan segala bentuk kecurangan yang terjadi di Pemilu Serentak 2019. Namun kali ini Amien tidak lagi menyinggung soal people power seperti yang pernah disampaikannya dulu.

"Dari sekarang kita tidak gunakan people power tapi gunakan kedaulatan rakyat," kata Amien Rais saat rapat mengungkap fakta kecurangan Pilpres 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5).

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) ini tidak gentar jika ada pihak yang berusaha menghalangi keinginan rakyat. "Siapa yang menghadapi rakyat Insya Allah kita gilas bersama sama," tegas Amien.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi (BPN) Djoko Santoso menolak hasil penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penolakan tersebut berdasarkan kecurangan yang terjadi di Pilpres 2019 yang BPN lihat.

"Kami BPN Prabowo-Sandi bersama rakyat Indonesia yang sadar hak demokrasinya, menyatakan menolak hasil perhitungan suara dari KPU RI yang sedang berjalan," kata Djoko Santoso.

Harus Dilengkapi Data dan Fakta

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyatakan tidak mempersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang merilis dugaan kecurangan Pilpres 2019 versi mereka. Hanya saja, temuan kecurangan itu wajib dilengkapi data dan fakta.

"Pada prinsipnya mengungkap dugaan kecurangan itu boleh dan sah. Justru yang diharapkan oleh semua pihak adalah kita bicara kecurangan harus dilengkapi data dan fakta," ujar Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding dalam pesan singkat, Selasa (14/5).

Setelah temuan kecurangan diungkap, Karding menyarankan BPN melaporkan hal tersebut kepada penyelenggara pemilu seperti ke Bawaslu, DKPP, atau Mahkamah Konsitutsi, agar dapat ditindaklanjuti.

Sebab, ia khawatir klaim kecurangan tersebut akan merugikan bangsa jika dibiarkan begitu saja. Masyarakat, kata dia, tidak akan nyaman dan aman jika kecurangan itu hanya digoreng kemudian diteriakkan oleh BPN.

"Jangan data kecurangan yang dimilikinya itu diolah, dikapitalisasi sedemikian rupa di publik," ujarnya. Di sisi lain, politisi PKB ini kembali menyampaikan pihak TKN tidak memiliki kapasitas melarang BPN menyampaikan temuan kecurangan. TKN juga sepakat agar pihak yang bersalah dalam pemilu dihukum sebagaimana ketentuan yang berlaku.

"Saran saya sekali lagi seluruh data dan kecurangan itu kalau benar ada disampaikan ke Bawaslu, kalau terkait hasil pemilu ke MK, dan kalau terkait dengan penyelengara pemilu ke DKPP," ujar Karding. (MC/CNNI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px