Logo
Print this page

5 September, Gubernur dan Wagub Sumut Dilantik

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terpilih hasil Pilkada 2018, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah. Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terpilih hasil Pilkada 2018, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

Medan-andalas Penjabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo membenarkan bahwa pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dan sejumlah gubernur/wakil gubernur terpilih lainnya oleh Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan 5 September 2018.

"Memang ada informasi pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih di pemilihan gubernur termasuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, tanggal 5 September 2018," ujarnya di Medan, Senin (3/9).

Pelantikan sembilan gubernur/wakil gubernur itu dijadwalkan dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Menurut Eko, untuk kepentingan pelaksanaan pelantikan itu sedang dirapatkan persiapannya di Sekretariat Negara. Eko menegaskan, pelantikan sembilan gubernur tersebut bisa cepat karena sudah tidak ada persoalan sengketa pemilihan dan memang sudah masuk akhir masa jabatan .

"Kami masih menunggu informasi hasil rapat di Sesneg untuk memastikan langkah selanjutnya," ujarnya.

Eko juga mengakui akan ada persiapan penyambutan untuk Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Kantor Gubernur Sumut. Termasuk ada agenda perkenalan dengan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut dan perkenalan dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumut.

Kemudian acara serah terima jabatan dan pidato Gubernur Sumut-Wakil Gubernur Sumut terpilih di DPRD. Setelah gubernur/wakil gubernur dilantik, kata Eko, tugasnya sebagai Penjabat Gubernur Sumut akan selesai.

"Saya senang mendapat amanah bertugas di Sumut yang masyarakatnya majemuk tetapi memiliki rasa persaudaraan yang tinggi," katanya.

Sebelumnya, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono yang juga menjabat Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan delapan gubernur dan wakil gubernur terpilih dijadwalkan dilantik di Istana oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (5/9).

"Pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih tahap I, pada tanggal 5 September untuk delapan provinsi," kata Soni dalam pesan singkat yang diterima di Makassar, Senin.

Delapan provinsi tersebut adalah Sumatera Utara (Sumut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Jawa Tengah (Jateng), Bali, Kalimantan Barat (Kalbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

Sementara untuk tahap II, dijadwalkan pada tanggal 27 September, untuk empat pemerintah provinsi, yaitu Jawa Barat (Jabar), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Selatan (Sumsel), dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Soni, pada pelantikan tersebut, undangan terbatas hanya untuk yang akan dilantik dan pendampingnya. "Ditambah Forkominda, penjabat gubernur, dan istri sejumlah pejabat pusat dan para menteri kabinet kerja," kata dia.

Sejumlah pejabat dari daerah, kata dia, juga akan hadir, tetapi tidak semua bisa ikut masuk ke dalam gedung. "Disediakan layar lebar untuk nonton bersama prosesi pelantikan di gedung sebelahnya, dalam kawasan istana," katanya.

Saat ini, lanjut Soni, dia sudah berada di Jakarta, dan sibuk mempersiapkan pelantikan serentak, dalam kapasitasnya sebagai Dirjen Otda. (ANT)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com