Log in

4.800 Tenaga Honor Pemprovsu 'Dibuang' Bertahap

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah pada acara Halalbihalal Pemprov Sumut, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No 41 Medan, Senin (10/6). andalas|ist Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah pada acara Halalbihalal Pemprov Sumut, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No 41 Medan, Senin (10/6). andalas|ist

Tahun Ini 2.000 Orang

Medan – andalas Sebanyak 4.800 tenaga honor di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprov Sumut), akan "dibuang" (diputus kontraknya) secara bertahap hingga tahun 2020. Untuk tahap awal, pada tahun 2019 ini sebanyak 2.000 tenaga honor diputus kontraknya.

Hal itu dikatakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada wartawan di sela halal bihalal Idul Fitri 1440 H bersama ASN lingkungan Pemprov Sumut, di Aula Gubernuran, Jalan Sudirman Medan, Senin (10/6).

Gubernur Edy didampingi Plt Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Fitriyus, mengungkap alasan tidak lagi memperkerjakan para tenaga honor itu. Pertama karena kinerja mereka tumpang tindih dengan ASN. Kedua karena biaya menggaji mereka cukup besar.

Dia menerangkan tenaga honor 4.800 orang digaji rata-rata Rp 2,8 juta per bulan, menghabiskan banyak anggaran. Sementara jika gaji honor itu digunakan untuk membangun jalan, jembatan dan sebagainya, akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Akan tetapi, sebut Gubernur Edy, tenaga honor yang dibutuhkan Pemprov Sumut nantinya adalah yang tidak termasuk dalam lingkup tugas, pokok dan fungsi ASN. Misalnya tenaga teknologi informasi dan pemain keyboard.

Saat ini, tambah Edy, jumlah ASN di lingkungan Pemprov Sumut mencapai sekitar 28.000 orang. Jumlah itu tergolong banyak, apalagi ditambah tenaga honor. Karena itu agar efektifnya kinerja dan efisiensi anggaran, perlu ditata ulang keberadaan tenaga honor.

Motivasi ASN

Dalam halal bihalal itu, Gubernur Edy Rahmayadi memberikan motivasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut untuk senantiasa meningkatkan kinerja dan bekerja dengan hati dalam melayani masyarakat.

“Pada Halalbihalal ini, selain kita silaturahmi, juga menjadi momen untuk kita mengevaluasi dan menyatukan kembali persepsi, serta tujuan yang ingin kita capai sebagai pelaksana pemerintahan di Sumut. Saya mau ke depan itu kita bekerja dengan riil, tingkatkan kinerja dan bekerja dengan hati dalam melayani masyarakat,” ujar Gubernur.

Untuk mendukung peningkatan kinerja ini, kata Gubernur, dalam waktu dekat akan dibentuk Kelompok Kerja (Pokja) untuk mendiskusikan dan mempelajari sistem kerja organisasi pada Pemprov Sumut. Dirinya berharap setiap aparatur bekerja berdasakan keahlian dan bidang yang dikuasai. Sehingga, nantinya bisa menjawab tuntutan tugas dan permasalahan di lapangan.

“Ini yang perlu kita tata, misalnya jangan nanti lulusan ekonomi yang jadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum. Kita bentuk Pokja untuk mengatur ini nanti, kalau tak ada yang ahli dari sini, dari luar negeri pun jadi. Pokoknya setiap ASN nanti harus tahu apa yang dia kerjakan, siap berbuat. Dan harus mampu berkoordinasi dengan dinas-dinas di Kabupaten/Kota,” ucap Edy Rahmayadi, yang hadir bersama Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah.

Ke depannya, Edy juga berharap Pemprov Sumut akan memaksimalkan pemberdayaan ASN dan efisiensi anggaran. Terkait peningkatan SDM di masa depan, Edy meminta agar nantinya ada database yang mengumpulkan siswa-siswa berprestasi.

“Mereka yang berprestasi ini, kita kumpulkan, kita sekolahkan. Mereka-mereka ini seharusnya yang jadi pemimpin di Sumut ini. Orang-orang cerdas yang memiliki kemampuan. Jangan lagi seperti saya ini nantinya, usia 58 tahun jadi Gubernur sudah tua. Coba kalau gubernurnya muda, cerdas, kan mantap,” katanya.

Di akhir sambutannya, Edy mengajak agar setiap ASN bekerja dengan semangat dan mengedepankan prestasi serta kreativitas. Lebih lanjut, acara Halalbihalal dilanjutkan dengan ramah tamah dan hiburan. Tampak, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyanyikan tiga buah lagu yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Acara diakhiri dengan bersalam-salaman dan bermaaf-maafan antara pimpinan OPD dan ASN Pemprov Sumut dengan Gubernur Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Wagub Musa Rajekshah, dan Sekretaris Daerah Sumut Sabrina. (MBD/WAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px