Log in

382 Jemaah Kloter 2 Tiba di Medan

Salah seorang petugas haji dari Dinas Kesehatan Sumut membantu jemaah haji Kloter 2 turun dari bus yang baru tiba di Asrama Haji Medan, Senin (3/9). andalas|yunan siregar Salah seorang petugas haji dari Dinas Kesehatan Sumut membantu jemaah haji Kloter 2 turun dari bus yang baru tiba di Asrama Haji Medan, Senin (3/9). andalas|yunan siregar

Satu Jemaah Haji Langkat Meninggal Dunia

Medan-andalas Setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam 35 menit dengan pesawat Garuda dari Jeddah ke Bandara Kuala Namu, Deli Serdang, sebanyak 382 jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 2 ditambah 8 petugas tiba di Asrama Haji Pangkalan Masyhur, Jalan AH Nasution, Medan, Senin (3/9) sekitar pukul 18.45 WIB.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan Darmansah berharap agar sekembalinya jemaah ke Tanah Air dapat lebih meningkatkan lagi ibadahnya.

Kabid Dokumen PPIH Debarkasi Medan melalui Koordinator Humas Imam Mukhair mengatakan, 382 jemaah haji Kloter 2 berasal dari Asahan 374 orang, Labuhan Batu 2 orang, Tanjung Balai 5 orang, dan 1 orang dari Serdang Bedagai serta ditambah 8 petugas sehingga total berjumlah 390 orang.

"Waktu berangkat berjumlah 393 orang. Kembali 390 orang. Wafat 1 orang dan 2 telah kembali di Kloter 1. Tidak ada jemaah haji yang mutasi ke Kloter 2," jelas Imam di Asrama Haji Medan.

Sementara TPIHI Kloter 2 Asahan Dr Faisal Sadat SH MH mengatakan selama di Tanah Suci, pihaknya rutin mengunjungi jemaah dan menanyakan apa keluhan mereka sekaligus mengingatkan apa sudah melaksanakan salat.

"Selain itu sekali tiga hari kita mengadakan pertemuan dan di situ jemaah haji menyampaikan apa keluhannya. Kita juga tetap menanyakan dan memberdayakan kepala regunya," terang Faisal.

Dari 374 jemaah haji asal Asahan, lanjutnya, 260 orang berusia di atas 60 tahun. Karenanya kepada para jemaah haji tetap diingatkan untuk menjaga kesehatan.

Ia juga berharap agar maktab di Arab Saudi yang sudah ditentukan sebelum berangkat agar di musim haji yang akan datang tidak berubah lagi. Selain itu ia juga berharap agar satu kloter ditempatkan di satu hotel. Kalaupun ditempatkan di dua hotel kalau bisa hotelnya berdekatan.

"Itu untuk memudahkan pelayanan. Namun itu juga tantangan buat kami," kata Faisal.

Wafat di RS Haji Medan

Sementara itu satu orang lagi jemaah haji Debarkasi Medan wafat. Jemaah tersebut bernama Waginem Musmuliadi Abdullah binti Muliadi jemaah haji Kloter 1/MES manifes 198 asal Kabupaten Langkat.

Ketua Tim Kesehatan PPIH Debarkasi Medan dr Ziad Batubara mengatakan, Waginem (81 tahun) saat tiba di Bandara Kuala Namu, Minggu (2/9) langsung dievakuasi dengan ambulans ke Rumah Sakit (RS) Haji Medan.

“Waginem mengalami penurunan kesadaran dan setibanya di Rumah Sakit Haji Medan langsung dimasukkan di Ruang Intensive Care Unit (UCU),” ungkapnya dikutip dari laman resmi Kanwil Kemenag Sumut, Senin (3/9).

Ziad Batubara menyampaikan, setelah dirawat intensif di RS Haji Medan, Waginem menghembuskan nafas terakhir, Senin 3 September 2018 pukul 11.35 WIB.

“Waginem wafat dikarenakan penyakit jantung dan paru-paru,” ungkapnya.

Sementara itu Plt Kakanwil Kemenag Sumut Drs HT Darmansah MA menyampaikan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke rahmatullah Hj Waginem.  

"Semoga almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan husnul khatimah," ucap Darmansah seraya mengharapkan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan menghadapi cobaan tersebut. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 8.05 km/h

  • 16 Nov 2018 29°C 22°C
  • 17 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px