Log in

24 Kg Sabu Disembunyikan dalam Tanah

Direktur Narkoba Polda Su menginterogasi mertua dan menantu yang ditangkap di Bandara Kuala Namu, Selasa (13/11). Direktur Narkoba Polda Su menginterogasi mertua dan menantu yang ditangkap di Bandara Kuala Namu, Selasa (13/11).

Medan-andalas Ditresnarkoba Polda Sumut mengamankan dua kurir sabu dari kawasan perairan laut Batu Bara. Dari tangan kedua pelaku petugas menyita barang bukti 24 kilogram (Kg)  sabu.

Penangkapan dua kurir sabu, M dan AR ini bermula dari informasi masyarakat. Dalam info tersebut, sebanyak 24 Kg sabu dari Malaysia akan masuk ke Indonesia.

"Dijemput dari oleh dua pelaku dari perairan laut Batu Bara," kata Dirresnarkoba Poldasu Kombes Pol Hendri Marpaung, Selasa (13/11).

Setelah mendapatkan laporan itu, petugas kemudian melakukan pengejaran terhadap dua pria yang menjemput sabu. "Kemudian sabu itu dibawa ke salah satu rumah tersangka," ucapnya.

Dari hasil penyelidikan, petugas kemudian melakukan penggerebekan di rumah tersangka A di Jalan Dusun I, Dasa Perupuk, Kecamatam Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara.

"Ternyata sabu itu disimpan di dalam tanah untuk mengelabui petugas. Anggota tidak kecolongan dan berhasil menemukan barang bukti itu," jelas dia.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kedua pelaku beserta barang bukti diboyong ke Mapolda Sumut. "Kedua pelaku ini perannya sebagai kurir," jawabnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, rencananya sabu seberat 24 Kg itu akan diedarkan ke Sumut dan Kalimantan. "Kita berhasil menggagalkan masuknya narkoba ke Indonesia," sebut Hendri Marpaung.

Dalam kesempatan itu Hendri juga memaparkan sejumlah hasil penindakan terkait kasus narkoba yang dilakukan Polda Sumut beserta Polres jajaran mulai dari 31 Oktober hingga 12 November 2018.

Diantaranya seperti pada 31 Oktober, petugas Ditresnarkoba Poldasu menangkap dua pelaku narkoba yang merupakan mertua dan menantu asal Bireuen, Aceh berinisial HA dan NN.

Kedua pelaku yang berperan sebagai kurir narkoba itu ditangkap petugas keamanan di Bandara Kuala Namu Internasional di Kabupaten Deli Serdang dan menyita barang bukti sabu seberat 1 Kg.

Kemudian di hari yang sama, Ditresnarkoba Polda Su menangkap seorang pria berinisial A di Jalan Sei Mencirim, Desa Suka Maju, Kecamatam Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Dari pelaku ini petugas menyita barang bukti satu bungkus sabu seberat 1,8 Kg, satu bungkus seberat 856 gram, dan sabu seberat 957 gram.

Pada 2 November, di Jalan Bilal, Gang Musyawarah 456, Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan petugas mengamankan tiga pria M, Y dan A serta sabu-sabu seberat 992 gram.

Petugas kemudian melakukan penangkapan terhadap dua pria berinisial MF dan I di Jalan Letda Sujono Simpang Jalan Padang, Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung dan Jalan William Iskandar, Kecamatan Percut Sei Tuan.  Sabu yang disita dari kedua pria ini 1 Kg.

Selanjutnya, pada 8 November 2018 misalnya, polisi menangkap dua pria berinisial R dan A di Lingkungan VI, Desa Tualang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Dari kedua pelaku disita 1 bungkus plastik warna kuning emas bertuliskan Refined Chinese Tea berisikan sabu seberat 850 gram, 1 bungkus plastik tembus pandang berisikan sabu 50,94 gram, 1 bungkus plastik klip tembus pandang berisikan sabu      25,97 gram, 1 bungkus plastik klip tembus pandang berisikan sabu 14,36 gram, 2 bungkus plastik klip tembus pandang berisikan sabu seberat 2,08 gram, 1 bungkus plastik klip tembus pandang berisikan shabu 1,16 gram, 1 timbangan elektrik. (DA)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Dec 2018 29°C 22°C
  • 20 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px