Log in

1.750 Personel Amankan Kunjungan Jokowi di Sumut


Medan-andalas Sebanyak 1.750 personel keamanan gabungan dari TNI dan Polri disiagakan untuk mengawal seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan di Sumatera Utara selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (13-14/10).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, agenda kegiatan Jokowi di Sumut diantaranya akan meresmikan pengoperasian ruas Jalan Tol Medan-Binjai dan Jalan Tol Kuala Namu-Sei Rampah.

Jokowi dan rombongan juga akan meresmikan meresmikan Bandar Udara Internasional Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, dan mengunjungi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung yang direlokasi di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

"Kita telah persiapkan pengamanan kunjungan Presiden RI ke Medan, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Tapanuli Utara," kata Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri usai apel pemeriksaan pasukan pengamanan Presiden RI di Lapangan Benteng Medan, Kamis (12/10).

Kodam I/BB dan Polda Sumut, menurut dia, bertanggung jawab penuh untuk  pengamanan rencana kedatangan Presiden Jokowi ke wilayah Sumut.

"Apakah pengamanan di VIP, lokasi kunjungan, dan tempat-tempat lainnya yang telah ditentukan," ujar Cucu didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw.   

Ia mengatakan, dalam kedatangan Presiden Jokowi, Kodam I/BB tetap mengadakan koordinasi dengan Polda Sumut tentang masalah pengamanan. Kodam I/BB juga mempersiapkan puluhan prajurit penembak mahir yang andal dan terlatih.

"Penembak jitu yang berasal dari personel TNI AD itu disebar di beberapa tempat," kata mantan Kepala Staf (Kastaf) Kostrad tersebut.

Menurut Pangdam, pengamanan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap kali ada kunjungan kerja Presiden ke Sumut. "Yang membedakan hanya objek yang dikunjungi VVIP saja," katanya.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw menjelaskan penempatan personel pengamanan tersebut bertujuan untuk melancarkan seluruh rangkaian kegiatan Presiden.

Jajaran kepolisian dan TNI menurutnya bersinergi mulai dari pengamanan titik-titik rawan, titik rawan macet, termasuk pada lokasi-lokasi yang sedang berlangsung perbaikan jalan

"Kami akan bersinergi dengan TNI, penempatan beberapa personel di beberapa titik, rawan macet, laka lantas, dan penyempitan jalan. Ada perbaikan perbaikan juga yang dilakukan," sebutnya.

Dalam kunjungan kerjanya ke Sumut, Presiden Jokowi juga direncanakan mengunjungi rumah calon besannya di Perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Asam Kumbang, Medan. Kunjungan Jokowi tersebut adalah untuk meninjau persiapan adat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Menjelang kunjungan Kepala Negara ini, akses ke dalam kompleks BHR Tasbi telah diperketat. Personel berseragam TNI juga turut melakukan pengamanan di rumah calon besan Presiden Jokowi tersebut.

Kunker di Sumsel dan Sumut

Presiden Joko Widodo memulai kunjungan kerjanya ke Sumatera Selatan dan Sumatera Utara pada 12-14 Oktober 2017. Presiden Jokowi dan rombongan berangkat dari Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat Indonesia-1. Presiden tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kamis (12/10) sekitar pukul 17.00 WIB disambut Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Di Sumsel, Presiden meninjau Jalan Tol Palembang-Indralaya sepanjang 7,8 kilometer. Keesokan harinya Presiden dijadwalkan menuju Kabupaten Musi Banyuasin. Dari Sumsel, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan kunjungan kerjanya selama dua hari ke Sumatera Utara.

Turut serta dalam rombongan mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono. (ANT/ROL/DBS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Oct 2017 31°C 23°C
  • 20 Oct 2017 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px