Log in

Yonif 115/ML Jadi Batalyon Raider Khusus

Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin menyerahkan Pataka Raider Khusus kepada Danyonif RK 115/ML Letkol Inf Teddy Sofyan. Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin menyerahkan Pataka Raider Khusus kepada Danyonif RK 115/ML Letkol Inf Teddy Sofyan.

Tapaktuan-andalas Batalyon Infanteri 115/Macan Leuser di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan statusnya resmi meningkat menjadi Batalyon Infanteri Raider Khusus.

Peresmian Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 115/Macan Leuser (ML) dilakukan oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (IM) Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, dalam suatu upacara di Lapangan Mako Yonif 115/ML, Selasa (8/10).

Upacara Validasi Yonif 115/ML dan Peresmian Yonif RK 115/ML diwarnai dengan penampilan berbagai atraksi oleh para prajurit TNI seperti pertunjukan ilmu bela diri dan penembakan balon dengan peluru tajam saling berhadapan serta atraksi lainnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Ketua DPRK, Aceh Selatan Amiruddin, para  Dandim dan Kapolres wilayah barat selatan, serta tamu undangan lainnya.

Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin kepada awak media mengatakan, peningkatan status menjadi Yonif RK 115/ML sudah melalui kajian dan evaluasi.

Prajurit Yonif RK 115/ML seluruhnya adalah prajurit yang telah selesai mengikuti pendidikan latihan di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus Batu Jajar, Jawa Barat, sehingga hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi prajurit yang bersangkutan.

"Sekarang mereka memiliki kemampuan tempur tiga kali lipat dari batalyon infanteri biasa dan memiliki kemampuan tambahan di semua medan laga baik di darat maupun laut," kata Kasdam IM setelah upacara.

Kasdam IM berharap prajurit Yonif RK 115/ML agar melaksanakan budaya belajar dan berlatih untuk meningkatkan kemampuannya.

Menurutnya, Yonif Raider Khusus ini didukung oleh tujuh kompi khusus yang dipersiapkan untuk menghadapi setiap ancaman yang mungkin timbul, khususnya di wilayah Aceh.

Penuturan Kasdam IM dari enam batalyon infanteri dalam jajaran Kodam IM tinggal satu lagi yang belum ditingkatkan statusnya. Yonif 115/ML merupakan batalyon kelima yang ditingkatkan statusnya menjadi Batalyon Raider Khusus. (HSP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px