Log in

Warga Kota Bireuen Masih Buang Sampah Sembarangan


Bireuen-andalas Kesadaran warga kota di Bandar Bireuen dalam membuang sampah pada tempatnya sangat kurang. Terbukti warga masih membuang sampah ke saluran pembuang air maupun got. Padahal Pemkab Bireuen sudah menyediakan tong sampah.

Akibatnya saluran-saluran pembuangan air di kota itu dipenuhi sampah dan menebarkan aroma tidak sedap yang menyengat hidung.

Pengamatan andalas hingga Jumat (19/7), pasukan kuning yang merupakan petugas kebersihan Kota Bireuen sebenarnya sudah cukup baik dan disipli dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Sejak subuh mereka sudah turun ke jalan-jalan untuk menyapu serta mengutip sampah yang berserakan. Sampah-sampah yang dikumpulkan langsung dinaikkan ke armada sampah untuk dibawa ke tempat pembungan akhir (TPA).

Keuchik Bandar Bireuen Adnan Adam pun mengakui kedisiplinan dan kerja keras pasukan kuning itu dalam membersahkan kota dari sampah. Karena itu ia mengaku kesal terhadap warganya yang masih belum sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Padahal hampir setiap minggu pihaknya menyerukan kepada warga Kota Bireuen agar jangan membuang sampah ke dalam got atau saluran pembuangan air karena sudah disediakan tong sampah.

"Namun apa lacur, ternyata saluran air dalam kota penuh sampah,” tukas Adnan Adam yang juga mengaku selalu melakukan koordinasi dengan mandor kebersihan kota Bireuen Syamsuar untuk mengatasi persolan sampah di wilayahnya.

Menurutnya, jika di musim kemarau warga membuang sampah ke saluran air sampai penuh sesak, maka bila musim penghujan tiba sampah yang ada di saluran air akan menjadi kado bagi warga Cot Uno, Kuta Baroe, Ujoeng Blang hingga ke Kuala Raja.

“Saya berpikir dalam hati apakah mereka tidak punya nurani atau tidak sadar dan tidak mengasihani pasukan pembersih atau petugas kebersihan agar lebih mudah dalam mengangkat sampah-sampah ke armada sampah,” tutur mandor kebersihan, Syamsuar, saat bincang-bincang dengan andalas.

Syamsuar yang sudah cukup lama bergelut dengan sampah menceritakan suka dukanya dalam menjaga kebersihan kota. Sukanya, jika warga kota mengumpulkan sampah kering maupun sampah basah dalam kantong plastik dimasukkan dalam drum/tong sampah yang telah disediakan tentunya memudahkan pasukan kuning menaikkan ke armada.

Namun dukanya, ketika melihat warga Kota Bireuen membuang sampah kering dan sampah basah sembarangan ke badan jalan sehingga membuat pekerjaan petugas kebersihan mengumpulkan dan mengangkat sampah ke armada sampah menjadi semakin berat. Apalagi jika warga membuang sampah ke saluran air.

Terkait masalah tersebut diharapkan Keuchiek Bandar Bireuen Adnan Adam perlu memberikan sanksi kepada warga Bandar Bireuen agar tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama ke saluran pembuangan air. (HERA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px