Log in

Video Peyoples Power Bupati Pidie Heboh

Potongan gambar dari video pendek Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) yang viral di medsos. Potongan gambar dari video pendek Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) yang viral di medsos.

Sigli-andalas Sebuah video dari Aceh, kembali menghebohkan jagat media sosial nasional. Kali ini, video yang viral di medsos berisi seruan Bupati Pidie Roni Ahmad alias Abusyiek agar masyarakat Pidie tidak ikut gerakan people power atau pengerahan massa pada Selasa 22 Mei dalam rangka menolak hasil Pilpres 2019.

Video berdurasi 1 menit 2 detik itu viral lantaran Abusyiek salah ketika membaca ejaan people power. Terdengar Abusyiek membaca kalimat itu dengan bunyi “peyoples power.” Bahkan bunyi ejaan serupa berulang sebanyak dua kali.

Selain itu, terdengar juga Abusyiek mengucapkan kalimat “agar tidak menterjadi perpecahan ummat.” Video ini beredar luas di media sosial dan grup-grup Whatsapp sejak Sabtu (18/5) malam dan langsung menjadi topik hangat yang ramai dikomentari netizen, bahkan menjadi bahan berita di beberapa stasiun televisi swasta nasional.

Informasi diperoleh, video itu direkam di rumah pribadi Abusyiek di Meunasah Puuk, Gampong Aree, Kecamatan Delima, Pidie. Dalam video, Abusyiek dengan membacakan teks yang telah dipersiapkan, mengimbau masyarakatnya untuk tidak terprovokasi dengan ajakan mengikuti People Power pada tanggal 22 Mei 2019 di Jakarta.

Namun Abusyiek dua kali terdengan menyebut kalimat "people power" dengan "peyoples power." Selain itu, dia menyebutkan kalimat "agar tidak menterjadi perpecahan ummat."      Akibat kesalahan pengucapan kalimat ini, masyarakat di Kabupaten Pidie menjadi heboh dan ramai membicarakan rekaman video pendek imbauan Abusyiek. Bupati Pidie dinilai tidak tahu mengucapkan kalimat asing "People Power."

Humas Tak Tahu

Humas Setda Pidie ketika ditanyai persoalan tersebut mengaku tidak tahu masalah rekaman video yang viral tersebut. "Itu bukan konsep kami," ujar para pegawai Humas seraya menimpali mereka tidak diberi tahu masalah rekaman video itu.

Sementara itu, pada Minggu (19/5) malam hingga Senin kemarin imbauan Bupati Abusyiek dengan kesalahan pengucapan kalimat people power masih ramai dikomentari masyarakat. Umumnya mereka mengimbau agar sebaiknya Abusyiek  tidak sembarangan mengucapkan kalimat yang tidak dimengertinya.

Banyak kalangan mulai warga awam hingga kalangan elit dan pratisi hukum di Pidie menyayangkan ucapan kalimat Abusyiek yang menyebutkan, people power dengan sebutan "Peyoples Power" dan kalimat "menterjadi perpecahan ummat."

Kendati begitu, imbauan Bupati Pidie masih tetap dinilai positif karena mengajak  agar semua pihak dapat menghargai keagungan bulan suci Ramadan serta menghindari
perpecahan pasca-Pemilu 2019.

Tanggapan Abusyik

Sementara itu Bupati Pidie Abusyiek melalui staf khususnya, Ridha Yuadi, menanggapi santai viralnya video itu di media sosial dan media mainstream. “Yang penting adalah pesannya tersampaikan. Syukur ternyata malah bisa menjadi pembicaraan publik, sehingga pesan yang Abusyik sampaikan bisa beredar luas dan cepat,” ujar Ridha Yuadi dilansir Serambinews.com, Minggu (19/5) malam, mengutip penjelasan Abusyik.

Abusyik, kata Ridha Yuadi, tidak mempermasalahkan peredaran video itu. “Tentunya, kita akan belajar dari setiap kesalahan,” ungkap Abusyik seperti disampaikan oleh Ridha Yuadi.

Menurut dia, video itu direkam, Sabtu (19/5) di rumah pribadi Abusyik, di pedalaman Kabupaten Pidie. “Video itu direkam seadanya hanya sekali take dan tanpa proses edit. Kemudian dikasih bumper nama Abusyik. Begitu informasinya, karena saya tidak hadir di sana saat itu,” ujar mantan Tenaga Ahli Biro Humas Pemerintah Aceh ini. (DHIAN/SNC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px