Log in

Uluntanoh, Desa Bebas Narkoba Dinilai Kodam IM

Tim dari Kodam Iskandar Muda saat menilai Desa Uluntanoh sebagai desa mandiri Tim dari Kodam Iskandar Muda saat menilai Desa Uluntanoh sebagai desa mandiri

Gayo Lues-andalas Uluntanoh, satu-satunya desa yang menjadi bebas narkoba di Kabupaten Gayo Lues, seluruh pemudanya dites urine dan orang tuanya diajarkan berkreativitas mendongkrak prekonomian.

Padahal, beberapa tahun silam Desa Uluntanoh termasuk salah satu desa yang dikucilkan oleh warga yang ada di kabupaten berjuluk Negeri Seribu Bukit tersebut. Selain akibat keterbatasan pendidikan warganya, ekonomi yang lemah menjadikan warga setempat sulit berkembang untuk maju.

"Dulu kami dikucilkan, tetapi setelah saya pulang merantau, saya berniat ingin memajukan Desa Uluntanoh. Setidaknya bisa menyamai desa lain yang ada di Gayo Lues," kata Suardinsyah SPd, Kepala Desa Uluntanoh, Kamis (6/12) saat dikunjunggi Ster Kodam Iskandar Muda dalam rangka penilaian desa mandiri tingkat Kodam Iskandar Muda.

Desa Uluntanoh mulai disulap oleh Suardinsyah sejak beberapa tahun belakangan. Desa yang dulunya dipandang sebelah mata  itu mampu meraih juara pertama lomba desa tingkat kabupaten dan berhasil meraih juara III lomba desa tingkat Provinsi Aceh tahun 2018, dan berhasil meraih juara III tingkat Korem.

Itu semua berhasil diraih Desa Uluntanoh berkat kerja sama antara perangkat desa dengan warga, kerja sama dengan unsur Muspika, dan pihak kabupaten. Jalan terjal yang dilalui baru membuahkan hasil setelah banyak warga setempat mampu berinovasi dan mau bekerja sama untuk lebih maju.

Kapten Inf.Darno, Danramil Kecamatan Kutapanjang juga memamaparkan kepada Pabandya Puanter Kodam IM Letkol ARM Kusdi, bahwasanya warga Desa Uluntanoh banyak memiliki inovasi dan pemudanya baru kemarin selesai dites urine.

"Dari seluruh desa yang ada di Gayo Lues baru Desa Uluntanoh yang sudah selesai melaksanakan tes urine," kata Kapten Darno.
Ia juga menjelaskan panjang lebar kepada penilai desa mandiri tingkat Kodam Iskandar Muda itu tentang latar belakang warganya dan pekerjaan beserta penghasilannya.

Desa yang masuk kategori penilaian tim Kodam Iskandar Muda adalah desa yang Ideologinya wajib Pancasila, swasembada pangan, sadar hukum, bebas narkoba, memiliki ekonomi mandiri, kamtibmas yang baik, memiliki keterampilan, lingkungan sehat, toleransi beragama berlangsung baik, dan Karang Taruna aktif.

"Mudah-mudahan Desa Uluntanoh bisa meraih juara I tingkat Kodam Iskandar Muda nantinya," harap Darno.

Usai menyambut tim penilai, satu persatu perangkat Desa Uluntanoh diwawancarai sesuai kritetia masing-masing, dan hasil penilaian itu nantinya akan diumumkan. (Nuar)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Dec 2018 29°C 22°C
  • 20 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px