Log in

Tujuh Pencoblos Ganda Divonis Tiga Tahun

Alamsyah Budin SH Jaksa Penuntut Umum pelaku pencoblos dua kali saat Pilkada. Alamsyah Budin SH Jaksa Penuntut Umum pelaku pencoblos dua kali saat Pilkada.

Saat Pilkada Gayo Lues Lalu

Gayo Lues,Aceh-Andalas Pengadilan Negeri Kabupaten Gayo Lues memutuskan vonis tiga tahun penjara dan denda Rp 36 Juta subsider dua bulan kurungan terhadap tujuh terdakwa yang mencoblos dua kali (ganda) saat Pilkada 15 Februari 2017 lalu di Gayo Lues. Pasalnya, ke tujuh terdakwa tersebut terbukti bersalah dan mengakui telah melakukan pencoblosan dua kali di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbeda.

Alamsyah Budin SH Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Gayo Lues selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) Senin (20/3) mengatakan, masing-masing ke Tujuh orang yang kini telah menjadi Narapidana (Napi) itu adalah ZA (62) warga Rikit Dekat Kecamatan Kutepanjang yang bersetatus sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan RU (58) warga Rikit Dekat Kecamatan Kutepanyang selaku ibuk rumah tangga.

Selanjutnya KAM (32) warga Bustanusalam, Kecamatan Blangkejeren atau desa Akul Kecamatan Blangjeranggo yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), MM (31) warga desa Penampaan Toa, Kecamatan Blangkejeren bekerja sebagai tenaga honor di kantor DPRK, LM (26) warga desa Penampaan Toa, selaku ibuk rumah tangga, SA (28) warga dusun Bemem Buntul Pegayon, Kecamatan Blangpegayon yang pekerjaanya sebagai Polhut KPH Wil V (kontrak), dan Rus (29) warga dusun Bemem Buntul Pegayon, Kecamatan Blangpegayon.

"Saat ini ke tujuh (terdakwa) sudah berada di Rumah Tahanan untuk menjalani hukuman sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, setelah diputuskan pada hari Kamis kemarin, dan ke tujuh orang itu menerima hukumanya tanpa ada yang keberatan ataupun mengajukan banding," katanya.

Alamsyah Budin melanjutkan, tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kepada tujuh terdakwa itu adalah dihukum tiga tahun penjara dan denda Rp 36 Juta subsider dua bulan penjara. Begitu juga dengan Putusan Hakim yang tidak ada menguranggi ataupun menambahkan hukumanya.

"Hukuman yang diberikan terhadap Tujuh orang yang mencoblos dua kali di Gayo Lues ini merupakan yang pertama kali, dan ini ini merupakan pelajaran bagi masyarakat ke depanya agar jangan mau mencoblos dua kali meskipun mendapat undanganya dua ataupun ada yang menyuruh," katanya mengigatkan. (Nuar)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 30°C 23°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px