Log in

Tujuh LSM Laporkan Oknum Guru ke Polisi


Kasus Pencemaran Nama Baik

Gayo Lues,Aceh-andalas Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bersama organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Gayo Lues melaporkan seorang guru yang bertugas di SMPN 1 Dabun Gelang ke Polres setempat dengan nomor SKTBL/129/VIII/2018/SPKT Rabu (7/10). Pasalnya, oknum guru itu dinilai telah mencemarkan nama baik LSM melalui media social (medsos).

Ketua DPC Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Hendra mengatakan, ketujuh lembaga yang melaporkan oknum guru SMPN 1 Dabun Gelang itu adalah DPD II LSM PPKMA (Pemantau Pendidikan Kesehatan Masyarakat Aceh), DPC LAKI, DPP ACW (Ala Coruption Word), DPP Aliansi Indonesia, Komcab LPKPK (Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah Keadilan), Koordinator FMPK (Forum Masyarakat Pembela Kebenaran dan Keadilan), dan DPD KPPHI (Komite Pemantau Program Hutan Indinesia).

"Kami bersama-sama melaporkan Cipta Kurniawan, guru SMPN 1 Dabun Gelang hari ini ke Polres Gayo Lues atas postinganya di media sosial Facebook. Sebab postinganya itu merugikan nama baik kami selaku pihak yang beraktivitas di LSM," katanya seraya menambahkan, laporan mereka diterima oleh Aipda Subandi Wiyono.

Perbuatan oknum guru itu, kata Hendra, diduga telah mencemarkan nama baik LSM di Gayo Lues lantaran memposting status di FB yang menyebut LSM sering meminta bantuan ke SMPN 1 Dabun Gelang.

Akibat postingan itu, lanjut Hendra, pengguna medsos FB langsung mengeluarkan komentar yang tidak enak dilihat, seperti ada yang mengatakan apakah uang untuk bantuan itu bisa dipungut dari anak sekolah dan penyerahanya dibuat kwitansi dan difoto.

"Bahkan saudara Cipta Kurniawan menyebutkan dalam komentarnya bahwa dalam beberapa bulan ini sudah tiga kali datang kesekolahnya, artinya oknum LSM meminta bantuan ke situ sudah berulang, sehingga pengguna FB lainnya bulan yang lalu ada yang datang juga ke Kantor BPG," jelas Hendra.

Ketujuh LSM yang melaporkan oknum guru SMPN 1 Dabun Gelang itu bertujuan agar dibuktikan siapa oknum LSM yang kerap meminta bantuan ke sekolahnya itu, dan jika memang tidak bisa dibuktikan sudah masuk ke ranah pencemaran nama baik.

"Dan kalau memang benar ada oknum LSM yang meminta bantuan, nanti kita bisa lihat, apakah benar-benar orang LSM atau ada yang meminta bantuan mengatasnamakan LSM, sehingga tidak menjadi fitnah di masyarakat," katanya. (Nuar)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px