Log in

Tiga Kabupaten di Aceh Terdampak Erupsi Sinabung

Kendaraan yang terkena abu vulkanik Gunung Sinabung Kendaraan yang terkena abu vulkanik Gunung Sinabung

Singkil-andalas Tiga kabupaten di Aceh ikut terkena dampak erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (9/6). Semburan abu vulkanik itu menyelimuti sejumlah rumah dan kendaraan warga di Aceh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan, hingga Senin (10/6) pagi, dampak dari abu vulkanik Gunung Sinabung melanda Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Selatan, dan Kabupaten Simeulue.

Hujan abu vulkanik melanda setidaknya lima kecamatan di Aceh Selatan sejak Minggu (9/6) pukul 20.30 WIB. Lima kecamatan tersebut yakni Trumon Timur, Trumon Tengah, Trumon, Bakongan, dan Kluet Utara.

“Akibatnya debu menyelimuti rumah warga dan jarak pandang terganggu. Pagi ini penyebaran abu vulkanik sudah mencapai Aceh Selatan, Aceh Tenggara, dan Simeuelu yang jaraknya hampir 190 mil dari lokasi kejadian,” kata Dadek, Senin (10/6).

Dadek meminta kepada masyarakat Aceh, khususnya di tiga kabupaten tersebut, untuk tetap tenang karena abu vulkanik merupakan kejadian alam yang debunya ditiup oleh angin. “Kepada masyarakat kami minta agar mengurangi aktivitas di luar ruangan, karena paparan abu vulkanik bisa menimbulkan keluhan pernafasan terutama bagi orang yang sebelumnya  menderita penyakit paru,” ujarnya.

Ia juga meminta warga Aceh yang saat ini berada di kawasan Berastagi atau Danau Toba agar segera menjauh atau menghindar dari lokasi. “Kalau ada warga Aceh saat ini bertamasya di kawasan Berastagi atau Danau Toba, segeralah menjauh dari lokasi wisata tersebut,” pungkasnya.

Agar menghindari dampak bahaya dari penyebaran abu, Dadek mengimbau agar warga menutup jendela, pintu, perapian atau tungku kayu, serta meminimalkan penggunaan penyejuk ruangan maupun pemanas ruangan. Hal itu untuk mencegah masuknya abu dan gas ke dalam rumah.

"Hindari mengemudi di wilayah yang mulai terpapar debu vulkanik, pakailah kacamata di luar ruangan atau saat membersihkan debu di dalam ruangan. Gunakan masker, basahi atau percikan air sebelum membersihkan lingkungan dari abu untuk menghindari berbagai partikulat yang terbang dan mengakibatkan iritasi mata," paparnya. Sebelumnya, Gunung Sinabung kembali erupsi pada Minggu (9/6) pukul 16.28 WIB. Tinggi kolom abu teramati mencapai 7.000 meter. (KMP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px