Log in

Status PKS Krueng Luas Perlu Kejelasan

PKS krueng luas Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan. (andalas/hsp) PKS krueng luas Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan. (andalas/hsp)

Tapaktuan-andalas Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan harus memperjelas keabsahan kepemelikan lahan lokasi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Desa Kreung Luas, Kecamatan Trumon Timur. Pasalnya, status lahan lokasi PKS tersebut hingga saat ini belum terselesaikan.

“Ini merupakan persoalan paling mendasar yang harus segera diselesaikan oleh pemkab Aceh Selatan. Kenapa?, untuk mengantisipasi kekhawatiran ketika pabrik CPO itu kembali beroperasi malah timbul persoalan baru terkait sengketa tanah,” kata Ali Zamzami Ketua LSM Forum Pemantau dan kajian kebijakan (Formak) Aceh Selatan melaui realesenya, Jumat (18/10).

Sebagaimana diketahui, lanjutnya, dan sudah menjadi rahasia umum bahwa tanah lahan PKS tersebut berasal dari hibah masyarakat setempat untuk Koperasi dimasa pemerintahan Bupati HT. Machsalmina Ali melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Fajar Selatan dibawah Pimpinan Sulaiman Adami.

Dikabarkan, Sambung Ali, tanah tersebut sudah pernah di sertifikasi atas nama pribadi oknum tertentu, tetapi sertifikat tanah tersebut tidak diketahui keberadaannya, bahkan ada isue bahwa sertifikat tanah tersebut telah menjadi agunan untuk pinjaman kredit pribadi pada salah satu BANK konvesional.

“Karenanya, isu ini tidak kalah penting untuk diselesaikan sekarang, mumpung para pelaku sejarah atas lahan dan lahirnya PKS tersebut masih ada. Sehingga persoalan ini tidak menjadi warisan kepada generasi mendatang,” terangnya.

Menurut Ali Zamzami, sudah terlalu banyak uang rakyat yang habis untuk pembangunan Pabrik CPO milik Pemkab Aceh Selatan yang berada di Gampong Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur tersebut, sejak didirikan pada tahun 2005 silam.

Ironisnya hingga saat ini rakyat dan daerah belum mendapatkan manfaatnya yang sepadan, apa lagi keberadaan Pabrik Kelapa Sawit yang aktif beroperasi sekarang ini sangat dibutuhkan di wilayah tersebut dan Aceh Selatan secara umum.

Dia mengharapkan dalam waktu singkat ini, PKS tersebut bisa beroperasi dan masyarakat petani sawit Aceh Selatan sangat terbantu adanya. Apalagi saat ini harga sawit yang sedang anjlok, masyarakat sangat terbebani dengan harus membawa hasil panennya keluar daerah. (HSP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px