Log in

Seudati Sanggar Meuligoe Bireuen Juara I di PKA

Bupati H Saifannur dan Kadisdikpora Muhammad Nasir foto bersama seusai Nikmati Seudati Pelajar Bireuen di Anjungan PKA 7. andalas|suherman amin Bupati H Saifannur dan Kadisdikpora Muhammad Nasir foto bersama seusai Nikmati Seudati Pelajar Bireuen di Anjungan PKA 7. andalas|suherman amin

Bireuen,Aceh-ndalas Warga masyarakat terpukau menyaksikan dan menikmati hiburan Kesenian Seudati Sanggar Meuligo Bireuen yang digelar di Anjungan Bireuen dalam lomba Seudati Tunang, Minggu (12/8) di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Banda Aceh.

Seudati yang dilatih Syech Mukhtar Ali tampil memukau lewat tarian kreasi seudati yang disuguhkan anak-anak pelajar SD dan SMP se-Kabupaten Bireuen yang tergabung dalam Sanggar Meulighoe Bireuen.

Seudati merupakan tarian khas Aceh yang heroik menunjukkan ketegasan para pemain dengan penuh semangat dan ketika tariannya cepat tetap serentak dipandu oleh Anek Syahi (yang melantunkan irama lagu) serta dimotori oleh Syech (pemimpin ).

Bupati Bireuen H Saifannur juga terpaku dengan lenggang lenggok para pemain dan bahkan beliau bertepuk tangan dengan sangat meriah bersama sejumlah pejabat dari zBireuen serta penonton lainnya.

Bupati Saifannur mengakui, seudati seni tari asli rakyat Aceh dan merupakan sejenis kesenian yang sangat digemari dan mendapatkan tempat yang utama di hati masyarakat Aceh.

“Seudati sudah ada sejak masa zaman Kerajaan Aceh yang mendapatkan tempat yang utama di hati masyarakat Aceh, dikagumi oleh para pendatang yang berkunjung ke tanah Aceh, bahkan Tari Seudati sangat populer di manca negara,” kata H Saifannur,S.Sos.

Disebutkan, Seni Tari Seudati memang sifatnya jantan yang telah diciptakan pendahulu kita, di era tahun 1960 walaupun pada 1980-an sudah nyaris hilang di peredaran. Dan harapannya Tarian Seudati yang sudah terpatri di hati masyarakat Aceh perlu dikembangkan dan dilestarikan sebagai warisan leluhur dan aset daerah untuk menambah khasanah budaya Nasional. (HERA)

30°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 72%

Wind: 9.66 km/h

  • 17 Nov 2018 30°C 22°C
  • 18 Nov 2018 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px