Log in

Sekda Buka Sosialisasi GISA dan Launching KIA

Sekda H Nasjuddin didampingi Kadis Lahmuddin dan Kabid Kependudukan menyerahkan secara simbolis KIA kepada perwakilan anak-anak TK se-Kabupaten Aceh Selatan. Sekda H Nasjuddin didampingi Kadis Lahmuddin dan Kabid Kependudukan menyerahkan secara simbolis KIA kepada perwakilan anak-anak TK se-Kabupaten Aceh Selatan.

Tapaktuan,Aceh-andalas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Selatan H Nasjuddin, SH, MM membuka secara resmi sosialisasi Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) sekaligus launching Kartu Identitas Anak (KIA).

Acara yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Selatan itu, mengambil lokasi di Aula Dinas Pariwisata setempat di Jalan T Ben Mahmud, Genting, Tapaktuan, Rabu (7/11).

Sekda dalam sambutannya mengatakan, sesuai UU 23/2006 tentang administrasi kependudukan bahwa masih adanya perbedaan adsministrasi kependudukan antara aparat pemerintah daerah dengan pusa,  sehingga dapat menghambat kepengurusan dokumen kependudukan.

Selain itu, sosialisasi administrasi kependudukan merupakan momentum yang cukup penting mengingat belum tercapainya tertib administrasi yang diinginkan, akibat belum meratanya pemahaman masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan.

Program percepatan kepemilikan akta kelahiran merupakan salah satu program yang terus digencarkan dalam mendorong tercapainya tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Program ini memberikan pemahaman  bisa meningkatkan kesadaran masyarakat yang belum mengerti pentingnya administrasi kependudukan.

“Peserta sosilisasi GISA kiranya dapat menyosialisasikan materi yang diperoleh di sini kepada masyarakat luas, sebab administrasi penduduk merupakan hal perting dalam kita hidup bermasyarakat dan bernegara,” pinta sekda.

Sebelumnya Kepala Disdukcapil H Lahmuddin SSos MM melaporkan bahwa pelaksanaan Sosislisasi GISA pada tahun 2018 terfokus pada 6 kecamatan dan selebihnya akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019.

“Kegiatan dijadwalkan berlangsung dua hari yang diikuti 6 camat dan kuechik dalam kecamatan dimaksud dengan tujuan meningkatkan pendataan, perlindungan serta pemenuhan hak konstitusional warga Negara,” kata Lahmuddin.

Pada kesempatan itu, Disdukcapil Aceh Selatan juga meluncurkan KIA dengan tujuan anak dari mulai usia nol tahun hingga Usia 16 tahun telah terdata dengan kartu indentitas seperti KTP.

Launching KIA ditandai dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan anak-anak TK dalam Kabupaten Aceh Selatan. (HSP)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px