Logo
Print this page

Sejumlah Desa di Aceh Utara Terendam Banjir

Kepala Satgas RAPI Aceh Utara Zoel Seven memantau kondisi banjir. Kepala Satgas RAPI Aceh Utara Zoel Seven memantau kondisi banjir.

Lhoksukon-andalas Sejumlah desa di Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara terendam banjir akibat meluapnya Sungai Pirak, Senin (24/6). Ketinggian air yang merendam permukiman warga, badan jalan, dan fasilitas umum lainnya bervariasi. Kendati saat ini ketinggian air itu sudah surut, dampak banjir kali ini sempat mengganggu kenyamanan dan aktivitas warga.

Pantauan andalas, sejumlah rumah dan badan jalan di Gampong (Desa) Alue Bungkoh, sempat digenangi air hingga ketinggian sekitar mencapai 50 centimeter. Luapan air sungai yang merendam badan jalan juga menyebabkan banyak pengguna jalan terpaksa menggunakan rakit untuk menyeberangkan sepeda motornya.

Camat Pirak Timu Ismohar membenarkan banjir yang merendam sejumlah desa di wilayahnya akibat meluapnya Sungai Pirak. Namun, genangan air akibat meluapnya Sungai Pirak di beberapa gampong di wilayahnya saat ini sudah surut.

Pihaknya berharap agar intensitas hujan di kabupaten tetangga, Bener Meriah tidak tinggi, sehingga debit air di Sungai Pirak yang berhulu di kabupaten tersebut tidak bertambah. Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara Amir Hamzah menyebutkan, air sungai yang meluap tersebut merupakan air kiriman dari dataran tinggi.

Kemudian ia menyebutkan, air datang dari pegunungan di kawasan Bener Meriah karena di sana hujan deras. Sementara puncak genangan air di Pirak Timu, terjadi sekitar pukul 17.00 WIB dan sudah surut setelah Magrib.

Meski demikian, petugas BPBD dan SAR Aceh Utara tetap siap siaga dan segera diturunkan ke lokasi untuk membantu mengevakuasi warga jika sewaktu-waktu air sungai di daerah itu meluap lagi.

Kepala Satgas Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh Utara Zoel Seven mengatakan, air sungai memang sempat meluap ke badan jalan. Warga yang melintas terpaksa naik rakit untuk melintas, termasuk membawa serta kendaraannya di rakit. "Tapi sekarang airnya sudah surut," ungkapnya. (MUL)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com