Log in

Rumah Tauke Coklat Meloak Terbakar

Rumah tauke coklat dan kemiri di Meloak Aih Ilang tinggal puing-puing setelah terbakar. Rumah tauke coklat dan kemiri di Meloak Aih Ilang tinggal puing-puing setelah terbakar.

Blangkejeren-andalas Satu unit rumah yang dijadikan sebagai gudang penyimpanan coklat dan kemiri di Desa Meloak Aih Ilang, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues ludes terbakar Senin sore (12/8) pukul 16.30 WIB.

Akibat kejadian itu, korban yang diketahui sebagai tauke hasil bumi itu mengalami kerugian yang banyak lantaran coklat (kakao) dan kemirinya ikut hangus terbakar bersama satu unit sepeda motor.

Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman melalui Kasubag Humas Aiptu A Dalimunte mengatakan, pemilik rumah yang terbakar itu adalah Lamsah Aman Nova. Ia berhasil selamat dari dalam gudangnya yang terbakar setelah tak bisa lagi memadamkan api seorang diri dengan peralatan seadanya.

"Korban kebakaran ini awalnya sedang mengeringkan biji coklat menggunakan mesin dompeng di gudang depan rumahnya. Tiba-tiba mesinnya mengeluarkan suara yang kasar disertai asap yang tebal. Tak berselang lama, muncul api dari mesin tersebut," katanya.

Setelah itu terjadi ledakan kecil di mesin dompeng hingga menyemburkan api ke arah dinding bangunan yang terbuat dari kayu. Angin yang kencang membuat api sangat cepat menyambar seisi gudang hingga tak bisa lagi dipadamkannya.

"Saat korban melihat api, ia berusaha memadamkannya dengan alat seadanya. Namun lama-kelamaan, apinya terus menjalar ke seluruh isi bangunan, sehingga iapun menyelamatkan diri ke luar gudang," katanya.

Saat api sudah membesar banyak masyarakat yang datang membantu memadamkan api dengan menyiramkan air menggunakan peralatan seadanya. Selang satu jam kemudian, api baru berhasil dipadamkan. Sayangnya, bangunan dan isinya sudah hangus terbakar menjadi puing-puing dan tidak bisa lagi digunakan.

Dari hasil penyelidikan polisi di lokasi kejadian, tauke hasil bumi itu banyak mengalami kerugian karena satu unit sepeda motor Yamaha Mio, 4 ton coklat, dan 12 ton kemiri ikut hangus dalam musibah kebakaran tersebut. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px