Log in

Ribuan Warga Aceh Utara Mengidap TBC

Ilustrasi Ilustrasi

Lhokseumawe-andalas Sebanyak 2.718 warga Kabupaten Aceh Utara mengidap penyakit tuberkolosis (TBC). Angka tersebut akan terus meningkat setiap bulannya.

Ketua Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Aceh Utara, dr Indra Buana, Minggu (9/9) mengatakan, penyebab banyaknya masyarakat Aceh Utara terkena penyakit tersebut karena mereka selama ini yang mengidap penyakit menular itu tidak menutup mulut ketika batuk atau membuang dahak batuk di tempat sembarangan.

“Gejala penyakit TBC itu bermacam macam di antaranya, batuk berdahak terus menerus selama dua minggu lebih, demam, batuk dengan dahak yang bercampur darah, nyeri dada, berkeringat tanpa sebab pada waktu tidur, nafsu makan menurun, dan berat badan berkurang,” ungkapnya.

Ia mengatakan, penyakit TBC bukan kutukan, artinya masih dapat disembuhkan. Namun, prosesnya mencapai enam bulan pengobatan dan harus rutin minum obat. Tujuannya untuk mengantisipasi supaya tidak menular kepada yang lain. 

“Kita telah menyarankan kepada masyarakat melalui sosialiasi yang digelar Dinas Kesehatan Aceh Utara, supaya yang sudah menderita batuk selama dua pekan untuk segera berobat ke Puskesmas dan rumah sakit karena semua obat diberikan secara gratis,” paparnya.

Lanjutnya, untuk dapat membantu percepatan eliminasi TBC lebih cepat di Aceh Utara, PPTI Aceh Utara telah bekerjasama dengan sejumlah instansi di antara Dinas Kesehatan Aceh Utara, Rumah Sakit Umum Cut Mutia dan lainnya.

“Dinas Kesehatan Aceh Utara telah melatih dokter-dokter di Puskesmas yang ada di Aceh Utara untuk melayani  dan menangani pasien TBC lebih baik, karena TBC bukan penyakit keturunan, jadi bisa disembuhkan,” pungkasnya. (MUL)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px