Log in

PT PIM Makin Terpuruk dan Menyedihkan

Pabrik PT PIM Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara kini sepi dan menyedihkan.andalas/suherman amin Pabrik PT PIM Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara kini sepi dan menyedihkan.andalas/suherman amin

Krueng Geukuh,Aceh-andalas Saat ini nasib PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) makin menyedihkan dan terpuruk. Betapa tidak! PT PIM yang beberapa tahun lalu sangat berperan membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat, tapi kini kondisinya diterpa berbagai masalah.

Pemerhati lingkungan Industri, Usman Cut Raja kepada andalas, Jumat (12/1) menyebutkan, kondisi PT PIM Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, semakin tidak menentu karena diterpa berbagai masalah seperti, tidak mendapat pasokan gas, pabrik rusak, gas mahal dan sering terjadi pencemaran udara akibat lepas amonia.

“Menyedihkan memang, PT PIM bukannya semakin berkembang justru tambah sulit dan mengkhawatirkan,” ungkap Usman Cut Raja.

Padahal, PT PIM pernah mendapat penghargaan atas berbagai keberhasilan yang dicapainya. Namun sekarang sedang mengalami kesulitan. Konon kesulitan itu sudah  mendekati 15 tahun dan belum kunjung membaik hingga menimbulkan banyak pertanyaan.

“Dimana letak kesalahannya, padahal pabrik pupuk berlambang gajah putih ini di awal kehadirannya begitu terkenal dengan berbagai terobosan yang dilakukan.  Berbagai sarana dan prasarana dibangun baik untuk kepentingan perusahaan maupun untuk kepentingan masyarakat. Selain itu tanggung jawab sosialnya juga telah mendapat apresiasi termasuk dalam hal nihil kecelakaan (zero accident),” kata Usman.

PT PIM yang didirikan Februari 1982, harus diakui telah banyak memberikan kenangan manis dan sejumlah keberhasilan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah, terutama petani. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa PT PIM juga ada kegagalan dan kenangan tidak enak baik untuk PT PIM sendiri maupun masyarakat.

Menurut Usman Cut Raja, PT PIM harus diselamatkan. Ini untuk menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo telah memerintahkan PT Pupuk Indonesia Holding Company untuk membenahi kinerja PT Pupuk Iskandar Muda saat meresmikan pabrik kelima PT Pupuk Kaltim di Bontang, 19 November 2015 .

“Tolong di sana (Pupuk Iskandar Muda) dihitung kembali dan dapat ekspansi,” kata Usman menirupkan perintah Presiden RI Joko Widodo.

Namun apa lacur sudah dua tahun lebih harapan Bapak Jokowi belum kunjung terealisasi. Dimana letak masalah, terpulang kepada manajemen, apakah karena terhenti pasokan gas atau ada kendala lainnya. (HERA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Apr 2018 28°C 22°C
  • 22 Apr 2018 28°C 23°C

Banner 468 x 60 px