Log in

Pria Alami Gangguan Jiwa Dirujuk ke RSUCM

Kondisi Nurdin M Diah yang dikurung di sebuah bekas kandang ternak, saat dikunjungi Muspika dan tim medis kemarin. andalas/effendi Kondisi Nurdin M Diah yang dikurung di sebuah bekas kandang ternak, saat dikunjungi Muspika dan tim medis kemarin. andalas/effendi

Dipasung Enam Bulan di Kandang Ternak

Aceh Utara - andalas Penderita gangguan jiwa Nurdin M Diah (44), warga Desa Matang Maneh, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, sejak enam bulan terakhir dipasung oleh keluarganya karena dicemaskan takut menganggu kenyamanan masyarakat. Pada  Jumat (12/08) jajaran Muspika bekerjasama dengan pihak medis setempat merujuk Nurdin ke ruang VIP Rumah Sakit Umum Cut Mutia (RSUCM) Kota Lhokseumawe.

Tim medis dari Pukesmas Lhok Beringen, Tanah Jambo didampingi Muspika setempat mendatangi langsung kediaman Nurdin yang dipasung di sebuah bekas kandang ternak milik keluarganya di desa terkait.

Sabelum dievakuasi, kaki Nurdin terlihat dirantai dan dikurung di dalam sebuah kandang ternak. Berdasarkan informasi dari pihak kepolisian setempat Nurdin dipasung karena sudah berkelakuan aneh dan agresif.

“Sudah 6 bulan dipasung, katanya takut menganggu kenyaman masyarakat,” ujar Iptu Zulkifli Arahap, Jumat (12/01). Mendengar kabar dari masyarakat, Kapolsek menambahkan, pihaknya bersama muspika berisiatif untuk melepaskan sekaligus mengantar Nurdin berobat.

Kedatangan tim medis dan muspika yang didampingi Geuchik (Kades) Lhok Bringen disambut baik orang tuannya M. Diah (72). “Nurdin sebenarnya warga Darul Aman, Aceh Timur. Karena mengalami gangguan jiwa, ia diambil oleh orang tuanya di Lhok Bringen,” terang Zulkifli.

Selaku warga miskin, M Diah tentu sangat tertekan dengan kondisi anaknya itu, apalagi mengalami gangguan jiwa yang justru kerap bersifat agresif dan bisa saja mengancam keselamatan warga sekitar. Kondisi ekonomi yang serba kekurangan, M Diah hanya mampu mengisolasi anaknya di sebuah kandang ternak.

“Keluarganya ini sangat miskin, tidak ada biaya untuk mengobati Nurdin. Dan sekarang Alhamdulillah, pasien sudah kita rujuk ke RSUCM,” jelas Kapolsek, seraya menambahkan, pelepasan dan rujukan Nurdin berjalan aman dan terkendali. (EN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Apr 2018 28°C 22°C
  • 22 Apr 2018 28°C 23°C

Banner 468 x 60 px