Log in

Polres Asel Gulung Komplotan Pencuri Mobil Asal Medan

Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono,ST didampingi Kasat Reskrim Iptu Irwansyah, SE menunjukan salah satu barang bukti berupa kunci T yang digunakan kelompok pencuri mobil, L.300 dalam relesenya kemarin. Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono,ST didampingi Kasat Reskrim Iptu Irwansyah, SE menunjukan salah satu barang bukti berupa kunci T yang digunakan kelompok pencuri mobil, L.300 dalam relesenya kemarin.

Tapaktuan-andalas Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Aceh Selatan berhasil menangkap kelompok pencuri kendaraan roda empat asal Medan, Sumatera Utara. Pencuri beranggotakan empat orang itu melakukan aksinya dini hari, Senin (3/12).

Kapolres Aceh Selatan AKBP. Dedy Sadsono ST didampingi Kasat Reskrim Iptu Irwansyah, SE, Kamis (6/12) petang membenarkan penangkapan terhadap kelompok pencuri mobil L. 300 minibus warna hitam, nopol kuning BL 1556 AN milik Ibnu Rahmani di Gampong Krueng Batee Kec. Kluet Utara.

“Pelaku yang ditangkap ada empat orang laki-laki yang berinisial AI (17), FSN (23),DA (20) dan ST (40) kesemuanya beralamat di Kota Medan, Sumatera Utara. Keempat pelaku ini mempunyai peran masing-masing,” kata AKBP Dedy saat press reales di Mapolres Aceh Selatan, Lhok bengkuang, Tapaktuan.

Kapolres Aceh Selatan menjelaskan, sekira pukul 03.30 WIB, Senin (3/12), AI seorang dari kelompok pencuri yang menggunakan mobil Toyota Rush warna hitam nopol BK 2061 IW merusak kunci pintu Mobil L.300 yang terparkir di samping rumah pemilik dengan menggunakan kunci leter T.

Selanjutnya masuk dan menggantikan skring starter lama dengan skring stater baru yang khusus dibawa dari Medan dan menghidupkan mobil dengan kunci T. Pemilik Mobil Ibnu Rahmani menyadari mobilnya sudah hidup langsung keluar rumah dan melihat mobilnya sudah dibawa lari ke arah Medan beriringan dengan mobil Toyota Rush.

Seketika Ibnu dengan menggunakan sepeda motor mengejar mobilnya dan melaporkan hal tersebut kepada Polsek Kluet Selatan. Menggunakan mobil patroli polisi kembali mengejar pelaku sambil menghubungi polisi di Mapolsek Bakongan dan Trumon Timur untuk penghadangan.

Mengetahui dikejar polisi mobil L.300 curian itu ditinggalkan di wilayah Kecamatan Bakongan Timur, sedang pelaku terus kabur menuju Medan dengan mobil Toyota Rush. Nasib sial keempat pelaku tertangkap di Mapolsek Trumon Timur atau Polsek paling ujung Aceh Selatan.

“Saat ini keempat pelaku berikut barang bukti berupa satu unit Mobil L.300, satu unit mobil Toyota Rush, selembar STNK atas nama CV. Kluet Raya, selembar fotokopi STNK atas nama Artalina Ginting, satu lembar surat keterangan polisi, satu skring/starter L.300, satu unit kunci kontak L.300 dan satu kunci leter T telah kami amankan,” terang AKBP Dedy.

Menurut perwira melati dua di bahu ini, kepada pelaku diterapkan pasal 362 Jo pasal 363 Ayat (3) dan ayat (5) KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama sembilan tahun dan denda paling banyak Rp. 900.

“Kami akan terus melakukan pengembangan atas beberapa pencurian yang dilakukan kelompok ini,” ujar Kapolres.

Pelaku AI selaku pemimpin kelompok mengaku sudah empat kali melakukan pencurian, dua di antaranya sepeda motor. Untuk pencurian L.300 juga pernah mereka lakukan di Subulussalam dan hasilnya dijual ke Medan dengan harga Rp15 juta. (HSP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px