Log in

Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Nenek Rudaimah

Polres Aceh Utara menggelar rekonstruksi kasus penganiayaan menewaskan Rudaimah, warga Gampong Buket Linteung, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara. Polres Aceh Utara menggelar rekonstruksi kasus penganiayaan menewaskan Rudaimah, warga Gampong Buket Linteung, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara.

Lhoksukon,Aceh – andalas Tim Polres Aceh Utara melakukan rekonstruksi atau reka ulang kasus penganiayaan yang menewaskan Rudaimah (60), warga Dusun Leubok Muku, Gampong Buket Linteung, Kecamatan Langkahan. Dalam reka ulang di lokasi kejadian, Kamis (11/1) siang, dihadirkan dua tersangka.

“Kita lakukan reka ulang perkara yang awalnya percobaan pencurian, lalu terjadi penganiayaan hingga korban tewas. Ada 22 adegan yang langsung diperagakan pelaku,” ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Ahmad Untung Surianata, melalui Waka Kompol Suwalto, di lokasi itu.

Suwalto menyebutkan, reka ulang dilakukan terhadap dua kasus yang menjerat dua tersangka. "Tersangka Muhammad alias Amat Gayo dalam perkara penganiayaan hingga mengakibatkan korban tewas. Lalu, tersangka Adam atas perkara memerintahkan Amat Gayo melakukan pencurian surat tanah korban,” katanya.

Menurut Suwalto, selain melengkapi berkas, reka ulang itu untuk meyakinkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait perkara tersebut. Dua jaksa dari Kejaksaan Negeri Aceh Utara turut menyaksikan rekonstruksi kasus itu.

“Jumlah saksi yang kita periksa dari awal penyelidikan 30 orang lebih. Namun yang kita masukkan dalam berkas perkara karena keterangannya berkaitan, 12 orang. Perkara ini sudah tahap I atau sudah pemberkasan," katanya.

Reka ulang kasus tersebut dikawal ketat personel kepolisian bersenjata lengkap yang disaksikan ratusan warga setempat, termasuk keluarga korban.  Sebelumnya, dalam prareka ulang terungkap, bermula dari tersangka Adam meminta Amat Gayo untuk mengambil surat tanah di rumah korban dengan diiming-imingi uang Rp 5 juta

Di hari kejadian, menjelang magrib kala itu, setelah memantau keadaan di sekitar TKP sepi, kedua tersangka memasuki rumah korban dari pintu depan. Sementara tersangka Adam mengawasi keadaan dari ruangan depan, Amat Gayo terus menggeledah ruangan lain mencari benda yang dimaksud.

Ketika sedang mencari-cari di lemari ruangan dapur, aksi Amad Gayo tepergok oleh Rudaimah. Tak pikir panjang dengan sebilah pisau Amad Gayo langsung menggorok leher korban, sementara tersangka Adam telah melarikan diri. Setelah menghabisi nyawa korban tersangka Amad Gayo pun melarikan diri melalui pintu belakang. (PSC/DOH)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Sep 2018 30°C 22°C
  • 21 Sep 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px