Log in

Plt Sekdakab Aceh Timur: FKDM Wadah Menangkal Potensi Ancaman

Plt Sekdakab Aceh Timur Drs Zahri MAP saat menyampaikan sambutan dan arahannya pada rapat kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat. Plt Sekdakab Aceh Timur Drs Zahri MAP saat menyampaikan sambutan dan arahannya pada rapat kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat.

Idi,Aceh –andalas Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) Aceh bekerjasama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Timur menggelar Rapat Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kamis (6/9). Rapat FKDM dibuka Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib SH diwakili Plt Sekdakab Drs  Zahri MAP.

Zahri dalam sambutannya menyampaikan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 2 tahun 2018, tentang Kewaspadaan Dini Di Daerah, disebutkan bahwa kewaspadaan dini adalah serangkaian upaya-tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan ganguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini.

“FKDM di daerah Kabupaten/Kota memiliki tugas untuk menjaring, menampung, mengoordinasikan dan mengomunikasikan data serta informasi data dari masyarakat mengenai potensi ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Ganguan) serta memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbagan tim kewaspadaan dini pemerintah daerah di daerah Kabupaten/Kota,” jelas Zahri.

Dia mengharapkan kepada seluruh peserta rapat kerja forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) agar benar-benar konsiten dalam mendiskusikan berbagai permasalahan yang ada menyangkut ATHG, sehingga nantinya hasil raker ini menjadi masukan bagi pemerintah kabupaten untuk diteruskan kepada pemerintah aceh dan pemerintah pusat.

Sebelumnya, Ir Zakaria, MM, Sekretaris Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Timur dalam laporannya menyampaikan, sesuai dengan momentnya, Raker FKDM secara khusus mengusung tema “Meningkatkan Peran FKDM Menjaring Informasi Dalam Upaya Deteksi Dini Konflik.

“Raker ini bertujuan meningkatkan sinergitas antara FKDM dengan Pemerintah Daerah serta Forum Masyarakat lainnya guna mewujudkan stabilitas keamanan di daerah dan meningkatkan kewaspadaan anggota FKDM dalam mendeteksi potensi ganguan Kamtramtibmas di daerah,” terang Zakaria.

Tampil sebagai narasumber Drs. Sehat Ikhsan, M.A (Anggioat FKDM Aceh), dengan materi “Peran dan Fungsi FKDM”. Kapolres Aceh Timur yang diwakili oleh Wakapolres dengan materi “Tekhnik Menjaring Informasi Dalam Upaya Deteksi Dini di Kabupaten Aceh Timur.

Raker FKDM diikuti 50 peserta terdiri dari unsur TNI, Polri, Kejaksaan, SKPK, camat dan kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan serta perwakilan forum-forum di Kabupaten Aceh Timur. (Mad)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 21 Sep 2018 28°C 23°C
  • 22 Sep 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px