Log in

Pestasi Siswa Diapresiasi dengan Emas dan Uang

Bupati Pidie Roni Ahmad yang akrab disapa Abusyiek menyerahkan emas kepada siswa berprestasi pada peringatan Hardikda ke 59. Bupati Pidie Roni Ahmad yang akrab disapa Abusyiek menyerahkan emas kepada siswa berprestasi pada peringatan Hardikda ke 59.

Memori Hardikda di Pidie

Hari itu, cuaca pagi di halaman tengah Kantor Bupati Pidie, cukup cerah. Sementara, ribuan pelajar, mahasiswa, dan para pelaku pendidikan, jajaran Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK)  berdiri tegak berjajar rapi membentuk formasi huruf U.

Dari suasana tertib itu, terdengar suara lantang Komadan Upacara (Dan-Up) , Effendi meneriaki bahwa peringatan Hari Pendidikan Daerah Aceh (Hardikda) ke 59, tingkat Kabupaten Pidie,  segera dimulai.

Di podium upacara, Bupati Pidie, Roni Ahmad yang akrab disapa Abusyiek berdiri tegak dengan baju putih berpeci merah. Di belakang, bupati unik ini berdiri rapi barisan Forkopimda, serta undangan istimewa.

Suatu hal yang menarik dari perjalanan pendidikan di Pidie, terkait dengan peringatan Hardikda ke 59. Dimana, puluhan murid SD, siswa, pelaku pendidikan memeroleh hadiah emas dan uang atas prestasi yang  diukirnya.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pidie,  Murthalamuddin SPd MSP mengatakan, pemberian sertifikat penghargaan, emas dan uang kepada puluhan siswa serta  pelaku pendidikan sebagai wujud kepedulian, sekaligus untuk merangsang murid dan siswa terus bersaing sesama untuk melahirkan prestasi di dunia pendidikan.

"Ini kita lakukan setiap peringatan Hari Pendidikan Daerah Aceh (Hardikda), sehingga  akan melahirkan  kebanggaan tersendiri bagi siswa untuk belajar lebih rajin lagi melampaui rekan rekan lain," sebut Murthalamuddin ketika menjawab andalas, Rabu siang kemarin di ruang kerjanya.

Ia juga menyebutkan, siapapun murid/siswa sangat bangga memperoleh penghargaan serta mendapat hadiah masing masing satu mayam emas serta lainnya mendapat hadiah uang yang diserahkan oleh Bapak Bupati,, Dandim, serta Pak Sekda.

Selain itu, seluruh orang tua murid yang hadir di acara Hardikda sangat bangga dengan reputasi yang doperoleh anaknya di sekolah. Karena, diumumkan pada upacara peringatan Hardikda yang diikuti ribuan peserta upacara.

Satu hal yang luar biasa dan patut diberikan penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan Pidie, Murthalamuddin. Karena, berusaha keras untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pidie. Bahkan, seluruh guru diharuskan mengukuti uji kompetensi sebagai pendidik.

Hampir setiap hari, Kadis Murthalamuddin memantau perkembagan pendidikan di semua sekolah di 730 desa dalam 23 kecamatan, tidak terkecuali sekolah di pedalaman ditinjaunya untuk memberi motivasi pada guru.

Ironisnya, sikap tegas dibarengi disiplin terhadap guru sempat membuat Kadis Murthalamuddin di "dipolisikan" dengan tuduhan pelecehan sehingga, membuat pendidik itu terusik.

Murthalamuddin mengakui, di saat dia menegakan disiplin terhadap guru sekitar setahun  lalu sempat dipolisikan kasusnya di Polres Pidie. Padahal hanya memarahi guru yang malas mengajar dan tidak disiplin pula, tapi guru tersebut tidak senang dan memperkarakannya, tapi kasus tersebut sudah tuntas.

"Setiap guru, harus disiplin dalam menjalankan tugas kewajibannya sebagai pendidik. Dan, guru juga harus tahu bahwa tugasnya sangat mulia ditengah tengah masyarakat. Karenanya, harus tahu diri dan malu pada masyarakat serta anak didiknya," timpalnya  

Disinggung, jumlah siswa yang mendapat emas murni masing masing satu mayam, serta jumlah siswa yang menerima hadiah uang. Dalam hal ini, Kadis Murthaluddin menyebutkan, bisa ditanyai langsung ke stafnya sebagai ketua panitia Hardikda ke 59.

Mereka yang mendapat emas satu mayam adalah Sabilil Haq dari (SMPS YPPU) Sigli, Salsabilla Firdaus Sauna (SMPS YPPU) Sigli, Muhammad Jauhar Fadhil (SMPS YPPU) Sigli, Naira Afifah Bachtiar ( SMPS YPPU.) Sigli, Rifki Muchsin (SMKN 2 Sigli), Aura Lavira (SMAN 1) Padang Tijie, M.Ikbal dari Sekolah Menengah Pertama) Luar Biasa (SMPLB), Siti Nazirah (MTsN) 2 Pidie, M.Aris Aulia (MIN 17.Pidie).

Luqia Salwa (MIN 17 Pidie), Mulianda ( MTs 12 Pidie) Ratu Balqis Zatuddin (MTs 5 Pidie) Hadratul Ghaida (MTs MUQ Pidie), Nelly Sakdah (MAN 1 Pidie), Zaid Asabiz (MAN 1 Pidie), Jamalul Faradisa (MAN 2 Pidie), Sainaga Siddiq (MAN 13 Pidie).

Sedangkan lainnya pelaku pendidikan, juga dihadiahi satu mayam emas adalah Drs M.Nur Husein (guru honor pertama Tahun 1997), Tgk Ilyas ( komite sekolah), Drs Zulfikar (Kepala SMPS YYPU Sigli), Nursiah S.Pd (Kasek SDN Paya Guci), Mardhiah Umar S.Pd (Pengawas TK di Kabupaten Pidie), Drs M.Nasir M.Pd (Pengawas SMA di Kab Pidie), Murthala dari TNI-AD, pelatih Pramuka, Zulkifli SH dari Polisi Polres Pidie, pelatih Pramuka. Sementara itu, 27.orang siswa lainnya mendapat hadiah uang tunai bervariasi. (dhian anna asmara)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 27°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px