Log in

Pengesahan Qanun APBK 2019 Asel Sebelum 20 November

Ketua DPRK T. Zulhelmi, Sekda H. Nasjuddin dan Ka. BPKD Diva SP saat memberi keterangan kepada sejumlah awak media terkait pembahasan APBK Aceh Selatan untuk Tahun Anggaran 2019. Ketua DPRK T. Zulhelmi, Sekda H. Nasjuddin dan Ka. BPKD Diva SP saat memberi keterangan kepada sejumlah awak media terkait pembahasan APBK Aceh Selatan untuk Tahun Anggaran 2019.

Tapaktuan,Aceh-andalas Ketua DPR Kabupaten Aceh Selatan Teuku Zulhelmi mengupayakan pengesahan Qanun Aanggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Selatan Tahun Anggaran (TA) 2019 sebelum tanggal 20 November 2018.

“Jika tidak ada halangan yang sifatnya mendesak Inshaa Allah sebelum tanggal 20 November sudah kita sahkan, sebab tahun lalu kita tidak terlambat sampai batas yang ditentukan,” kata Zulhelmi kepada awak media diruang kerjanya, Senin (12/11).

Menurut Adun Zul yang akrab disapa, andai pun masih ada yang alot paling banter molor dua atau tiga hari dan tidak sampai batas waktu yang di tetapkan. Untuk itu  mengingat waktu yang cukup singkat ini pihaknya dengan anggota legislatif lainnya akan membahas pada siang dan dilanjutkan malam hari, “sepanjang TAPD juga siap,” ujarnya.  

Pernyataan politisi dari Partai Aceh (PA) ini turut diamini ketua Fraksi PA yang juga bdidengar ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Aceh Selatan H. Nasjuddin, SH yang didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Diva Samudera Putra, SE.

Kata Adun, pihaknya dengan Badan Musyawarah DPRK akan duduk rembuk menentukan jadwal pembahasan KUA dan PPAS untuk APBK tahun anggaran 2019.

Sementara itu Sekretaris daerah (Sekda) H. Nasjuddin mengakui ada keterlambatan dalam pengajuan KUA dan PPAS TA 2019 kepada legislatif.

“ Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian KUA dan PPAS dengan RPJMD Pemerintahan H. Azwir dan Tgk. Amran dan tahun ini yang pertama” kata Sekda kemarin.

Menanggapi ajakan legislatif membahas anggaran pada malam hari, Nasjuddin berujar pihaknya hanya mengikuti bagaimana siapnya para legislatif dalam pembahasan meskipun pada malam hari.

Kepala BPKD Diva Samudera Putra menambahkan batasan waktu pengajuan qanun APBK TA 2019 ke Pemerintahan Aceh sesuai surat edaran gubernur Aceh, pada 30 November 2018.

 “Meskipun demikian ada proses administrasi selama tiga hari, artinya pengesahan  Qanun APBK tahun anggaran 2019 ditingkat Kabupaten maksimal tiga hari sebelum 30 November,” terang Diva.

Setidaknya, sambung Diva kita belajar dari tidak diterimanya qanun APBK-perubahan Aceh Selatan Tahun anggaran 2018 oleh Badan Keuangan Pemerintah Aceh karena pengajuan dokumen telah melewati batas waktu yang telah ditetapkan Pemerintahan Aceh.

Untuk itu dia sangat berharap pembahasan qanun APBK Aceh Selatan TA 2019 antara Legislatif dan Eksekutif sudah disepakati sebelum 27 November. (HSP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px